Monday, 19 Aug 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Jutaan Data Pengguna Instagram Dirampas Peretas

Indah Pratiwi - 22/05/2019 05:16

Beritacenter.COM - Ada jutaan data pengguna Instagram dikabarkan bocor. Data tersebut pun dikompilasi dan kemudian diposting pada database online yang ditemukan oleh peneliti keamanan Anurag Sen.

Dilansir Neowin, Selasa (21/5/2019) hasil data menunjukan enam juta data pribadi akun Instagram milik merek-merek terkenal, influencer, dan selebriti muncul secara online pada database tersebut.

Berdasarkan sumber menyebutkan, ada 49 juta entri dan dihosting oleh Amazon Web Services. Setelah menemukan database, Sen memberi tahu TechCrunch, yang kemudian mencoba melacak asal-usulnya untuk menemukan penyebab dan mengamankan data yang terbuka.

Berdasarkan penelusuran, data tersebut dimiliki oleh perusahaan pemasaran media sosial India bernama Chtrbox. Chtrbox, sebuah perusahaan pemasaran yang berbasis di Mumbai, membayar influencer Instagram untuk memposting iklan di akun mereka.

Diduga data itu untuk menghitung pembayaran yang sesuai kepada pemegang akun Instagram untuk konten yang disponsori.

Selain itu, pihak perusahaan diuntungkan dengan nomor telepon pribadi dan alamat email, informasi lain dalam basis data termasuk gambar profil, bios, jumlah pengikut dan apakah pengguna telah memverifikasi lokasi mereka di Instagram.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA