Saturday, 21 Sep 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Ini Alasan Majalah Arab 'Ar-Rajul' Jadikan Jokowi Cover Story

Jokowi dinilai sebagai presiden yang berasal dari rakyat biasa, tidak pernah mimpi dan berekspektasi menjadi seorang pejabat, apalagi menjadi seorang presiden di sebuah negara muslim terbesar di dunia

Aisyah Isyana - 21/05/2019 11:55

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi cover depan majalah gaya hidup Arab Saudi, Ar-Rajul, edisi bulan ini. Majalah Ar-Rajul diketahui kerap memuat artikel serta wawancara orang-orang sukses di Arab Saudi dan tokoh-tokoh dunia inspiratif.

Beberapa diantaranya yakni, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Mesir As-Sisi, ulama muda Saudi moderat dan progresif Saleh al-Maghamisi, konglomerat perbankan Saudi Al-Rajhi, hingga Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Ar-Rajul yang merupakan majalah terbitan Jeddah di bawah grup SRMG (Saudi Research and Marketing Group) ini, juga diketahui menerbitkan Arab News, surat kabar berbahasa Inggris populer di kawasan teluk. Untuk artikel yang mengulas tentang Jokowi, redaksi Ar-Rajul mengaku memiliki setidaknya enam alasan.

Baca juga :

"Jokowi dinilai sebagai presiden yang berasal dari rakyat biasa, tidak pernah mimpi dan berekspektasi menjadi seorang pejabat, apalagi menjadi seorang presiden di sebuah negara muslim terbesar di dunia," tulis redaksi, seperti diterjemahkan oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Selain itu, Jokowi dipandang sebagai pribadi yang rendah hati, murah senyum, berpihak kepada rakyat kecil, dan tangannya sangat bersih (nadhafatal yad). "Maksudnya tangan bersih ini adalah bersih dari korupsi dan sifat zalim terhadap rakyatnya," kata Maftuh.

Adapun laporan utama tentang Presiden Jokowi ini terdiri dari 14 halaman, dimana disalah satu halaman terdapat foto selfie Jokowi dengan narasi, "Jokowi berasal dari keluarga miskin, anak seorang penjual perabotan rumah tangga. Bukan berasal dari keluarga pejabat, bukan dari petinggi partai ataupun perwira tinggi militer. Impian Presiden hanyalah keinginannya yang serius untuk menaikkan ekonomi bangsa Indonesia."

Mahtuh mengatakan, Ar-Rajul juga menulis kondisi tentang Indonesia sebagai bangsa majemuk dan harmonis. Ditulis pula sikap Indonesia terhadap terorisme, serta kisah jatuh bangun Jokowi dalam merintis usaha dagannya.

Redaksi juga mengutip penegasan Jokowi yang bangga terhadap dua organisasi besar, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, yang selalu menyuarakan nilai-nilai Islam moderat. Kedua organisasi ini juga selalu bekerja sama dengan pemerintah dalam menyebarkan Islam rahmatan lil alamin.

Dihalaman 23 pada majalah itu, menampakkan narasi serta foto-foto Jokowi saat berselfie dengan Raja Salman, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menko PMK Puan Maharani. Adapula foto saat Jokowi nge-vlog bersama Raja Salman saat berada di Istana pribadinya di Riyadh, bulan lalu,

"Di halaman ini, foto saya bersama Bapak Presiden juga ikut mejeng, dengan narasi Indonesia siap melakukan penguatan hubungan kemitraan strategis dengan Arab Saudi."

Menariknya, ada juga foto-foto yang menampilkan adegan spektakuler Presiden Jokowi saat naik motor gede pada pembukaan Asian Games 2018. Foto-foto ini ada di halaman 29.

Sementara untuk yang mengulas sisi pribadi, Ar-Rajul antara lain menuliskan bahwa Jokowi sebagai Sarjana Kehutanan yang menggemari musik metal dan naik sepeda motor. Jokowi memiliki 1 istri dan 3 anak yang diajak berumrah pada awal April lalu, serta Jokowi mencukur rambut istri dan dua anaknya dengan tangan sendiri.

Maftuh menambahkan, ada kalimat yang menarik pada sampul majalah yang melengkapi foto Presiden Jokowi, yakni 'Saya pernah hidup di rumah gubuk yang selalu kebanjiran, saya tidak pernah bermimpi menjadi pejabat'.




Berita Lainnya

Iran Tolak Bertemu Empat Mata dengan Donald Trump

18/09/2019 07:53 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA