Tuesday, 25 Jun 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Bawaslu Tolak Semua Laporan Kubu 02 Soal Dugaan Kecurangan TSM di Pemilu 2019

Lukman Salasi - 20/05/2019 12:03

BeritaCenter.COM – Semua laporan kubu Prabowo-Sandi soal dugaan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di Pemilu 2019 ditolak Bawaslu.

"Menetapkan, menyatakan laporan dugaan pelanggaran administratif pemilu TSM tidak dapat diterima," kata Ketua Bawaslu, Abhan, di kantor Bawaslu RI, jalan MH Thamrin No 14, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Putusan pendahuluan yang dibacakan Bawaslu ini terkait laporan yang teregister atas nama Ketua BPN Prabowo-Sandi Djoko Santoso dan Hanafi Rais. Yang menjadi terlapor adalah pasangan calon Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Bawaslu menolak laporan tersebut, alasannya bukti-bukti yang diajukan BPN Prabowo-Sandi belum memenuhi kriteria. Bukti yang diajukan BPN Prabowo-Sandi di antaranya berupa berita dari media online.

Dalam putusan pendahuluan lainnya, Bawaslu juga menolak laporan dari anggota BPN lainnya. Alasannya, laporan BPN Prabowo-Sandi atas dugaan kecurangan pemilu terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) hanya berupa bukti link berita saja.

Putusan pendahuluan yang ditolak Bawaslu ini berdasarkan aduan dari anggota BPN Prabowo-Sandi, Dian Fatwa.

"Menyatakan laporan dugaan pelanggaran pemilu TSM tidak dapat diterima," kata Ketua Bawaslu, Abhan, dalam sidang putusan pendahuluan di kantor Bawaslu RI, jalan MH Thamrin No 14, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

"Dengan hanya memasukkan bukti berupa link berita dalam laporan pelanggaran administrasi pemilu yang terjadi secara terstruktur, sistematis dan masif, maka nilai kualitas bukti belum memenuhi syarat," kata anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar.

Dengan demikian, semua aduan kecurangan TSM oleh kubu 02 dimentahkan dan tidak terima oleh Bawaslu.




Berita Lainnya

Maksa Aksi ke MK, Polri: Akan Kami Bubarkan

25/06/2019 11:22 - Lukman Salasi

Apapun Putusan MK, KPU Minta Tak Didramatisasi

25/06/2019 10:36 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA