Wednesday, 19 Jun 2019
Temukan Kami di :
Nasional

DPR Ajak Masyarakat Untuk Tenang dan Tidak Perlu Ada People Power

Indah Pratiwi - 15/05/2019 13:05

Beritacenter.COM - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta kepada masyarakat di bulan bulan penuh berkah ini, masyarakat sebaiknya tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi.

"Mengingat pada 22 Mei 2019 Komisi Pemilihan Umum akan menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, maka tidak menutup adanya kemungkinan provokasi dari segelintir orang yang menginginkan terjadinya gejolak di masyarakat. Tapi Ramadan mengajarkan kita untuk mengendalikan hawa nafsu dan menahan ego pribadi," ujar Bamsoet, saat menjadi tuan rumah buka puasa bersama, di rumah dinas ketua DPR, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Selain itu dia meminta semua masyarakat tidak terpengaruh isu-isu People Power. Dia menilai tidak perlu ada people power dalam menyikapi hasil Pemilu 2019, karena seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu sudah dilakukan sebaik mungkin.

"People power biasa dilakukan, jika sebuah bangsa menghadapi krisis ekonomi berkepanjangan ataupun kepemimpinan otoriter yang dijalankan tanpa proses mekanisme check and balances. Indonesia tidak mengalami hal itu. Ekonomi kita baik, check and balances dijalankan antara pemerintah sebagai eksekutif maupun DPR sebagai legislatif. Ada juga MPR dan DPD, maupun media massa dan organisasi kemasyarakatan yang turut mengawasi jalannya roda pemerintahan," tutur Bamsoet.

Dia menilai, pemilu di Indonesia merupakan pemilu terumit di dunia dan patut untuk disyukuri Ramadan kali ini berhasil menyelesaikan berbagai tahapan Pemilu 2019.

"Bagi yang menang pemilu jangan jumawa, bagi yang kalah harus berlapang dada. Hasil pemilu bukanlah kiamat yang menandakan berakhirnya kehidupan. Tidak perlu berlebihan menyikapinya. Masih ada kesempatan di waktu yang akan datang untuk maju kembali dalam pemilihan, tanpa perlu mengorbankan persaudaraan di bulan Ramadan," pungkas Bamsoet.

 




Berita Lainnya

MK Semprot Saksi Prabowo di Persidangan

19/06/2019 12:12 - Indah Pratiwi

Prabowo-Sandi Dilarang Bawa Saksi Lebih ke MK

19/06/2019 08:20 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA