Sunday, 22 Sep 2019
Temukan Kami di :
News

Jokowi : 3 Kandidat Ibu Kota Baru

Dewi Sari - 30/04/2019 13:50

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi 3 kota mengenai rencana kepindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta.

"Bisa di Sumatera tapi yang timur jauh, di Sulawesi agak di tengah, tapi barat kurang. Kalimantan di tengah-tengah. Ini ada 3 kandidat, tapi harus dicek dong," ujar Jokowi di PT KMK Global Sports I, Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (30/4/2019).

Sejauh ini, Jokowi enggan memberi tahu tempat tersebut saat ini masih menunggu kajian mendalam mengenai pertimbangan dari berbagai faktor daya dukung lingkungan hingga potensi bencana di wilayah itu.

"Tiga tahun ini kita terus ke sana, bagaimana mengenai lingkungan, saya dukung lingkungan, airnya, kebencanaan, banjir, gempa, pengembangan untuk ibu kota sehingga kalkulasinya harus dirampungkan, lalu disampaikan ke saya dan baru saya putuskan," ujar Jokowi.

Rencana pemindahan ibu kota sebelumnya disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (29/4). Jokowi meminta ibu kota yang baru di luar Pulau Jawa karena kepadatan penduduk di Jawa dan faktor lainnya seperti lalu lintas, daya dukung lingkungan, hingga potensi banjir.

"Kita memiliki 17 ribu pulau. Tetapi di Jawa sendiri penduduknya 57% dari total jumlah penduduk di Indonesia, kurang lebih 140 juta. Sehingga daya dukung, baik terhadap lingkungan, terhadap air, lalu lintas, ke depan sudah tidak memungkinkan lagi sehingga saya putuskan pindah di luar Jawa," papar Jokowi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA