Wednesday, 24 Jul 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Sikat Kotak Amal Berulang Kali, Budi Diamankan Polisi

Indah Pratiwi Budi - 29/04/2019 21:00

Beritacenter.COM - Irwan Budi Wibowo (34) warga Desa Sumberagung, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar yang harus berurusan dengan Satreskrim Polsek Kromengan setelah ditangkap dalam kasus pencurian kotak amal.

Pelaku yang merupakan residivis ini, bukan hanya sekali melakukan pencurian, untuk di wilayah hukum Polres Blitar sudah berkali-kali dengan cara merusak gembok kotak amal. Di wilayah hukum Polsek Kromengan, telah 2 kali terjadi di tempat yang sama.

Pelaku dalam melakukan aksinya cukup unik, yang hanya bermodal sapu lidi dan pulut alat perekat mencari burung, dengan memiringkan kotak amal dan memasukkan lidi yang sudah dioles pulut guna mengambil uang amal lembaran.

Hasilnya, dalam aksinya tersebut diketahui oleh takmir musholla di wilayah Desa Kromengan, dan segera memanggil Satreskrim Polsek Kromengan untuk diproses secara hukum.

Ternyata aksinya tersebut sudah 2 kali dimusholla yang sama, dengan aksi pertamanya tidak terdeteksi oleh kepolisian setempat. Kedua kalinya baru berhasil diringkus saat kepergok dalam aksinya.

Pelaku yang biasanya mencuri dengan merusak gembok, kali ini pelaku mendapatkan ilmu baru selama di dalam Lapas Blitar, yang diajarkan dengan modus baru mencuri menggunakan lidi dengan dioleh pulut.

Menurut Aiptu Hadi Supranowo, Kanit Reskrim Polsek Kromengan, pelaku diamankan setelah kepergok dalam melakukan aksi pencurian kotak amal.

"Modus baru yang dilakukan baru didapat di lapas Blitar, yaitu dengan memasukkan lidi yang dioles pulut atau perekat untuk mencari burung, dengan cara memiringkan kotak amal dan mengambil satu persatu uang yang lengket dengan perekat tersebut, dan juga pelaku merupakan residivis kasus yang sama di Blitar," tuturnya.

Kini residivis kambuhan yang mengaku menggunakan uang hasil curian untuk kebutuhan hidup, harus diganjar dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian biasa, dengan ancamannya hingga 5 tahun kurungan penjara.




Berita Lainnya

Polisi Tangkap Anggota BIN Gadungan di Sidoarjo

23/07/2019 23:55 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA