Sunday, 15 Dec 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Terlalu Berat, KPU: Pemilu Serentak Cukup Sekali Saja

Fani Fadillah - 23/04/2019 21:21

Beritacenter.COM - Tak dipungkiri lagi, Pemilu Serentak 2019 merupakan Pemilu dengan beban terberat sepanjang masa. Bahkan 119 petugas TPS dilaporkan meninggal dunia lantaran kelelahan. KPU mengatakan pemilu serentak 2019 merupakan pertama dan terakhir, jangan lagi dilaksanakan.

Baca juga:

"Pemilu serentak dengan 5 kotak suara cukup sekali saja, jangan lagi dilaksanakan," ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

"Dengan menyertakan lima surat suara atau lima kelompok, pemilihan sudah terbukti paling tidak saat ini melebihi kapasitas kita untuk mewujudkan pemilihan umum serentak yang efektif dan berintegtritas serta damai," sambungnya.

Viryan mengatakan, dalam pelaksanaan pemilu kali ini telah dirasakan oleh pelaksana dan peserta pemilu. Dia meminta penyelenggara pemilu dapat fokus menyelesaikan kerja.

"Karena kita sudah sama-sama menjalaninya, peserta pemilu pun merasakan kami juga sangat merasakan khususnya teman-teman kami di daerah. Itu kan harga yang sangat mahal untuk demokrasi, nah kami berharap semua pihak di daerah PPK, PPS, KPPS tegar dan fokus menyelesaikan kerjanya," kata Viryan.

Menurut Viryan, pihaknya mengusulkan untuk melakukan dua pengelompokan jenis pemilu untuk pemilu selanjutnya. Pengelompokan atau pemisahan tersebut yaitu pemilu nasional dan pemilu lokal.

"Kita usulkan ke depan, saya pikir ini juga sudah disampaikan oleh pihak lain pendekatan pengelompokan pemilu menjadi pemilu nasional dan pemilu lokal," kata Viryan.




Berita Lainnya

Pentingnya Big Data di Era Pemerintahan Digital

15/12/2019 13:22 - Lukman Salasi

Gerhana Matahari Cincin Akan Sapa Indonesia

13/12/2019 14:50 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA