Monday, 20 May 2019
Temukan Kami di :
Nasional

KPI Tak Larang TV Tayangkan Hasil Quick Count, Ini Buktinya

Lukman Salasi - 20/04/2019 15:02

BeritaCenter.COM – Banyak bermunculan pemberitaan yang seolah-olah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang penayangan hasil quick count dari sejumlah lembaga survei kridebel dan terdaftar di KPU.

Faktanya, KPI ternyata tidak melarang tetapi meminta lembaga penyiaran memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa mengerti dan mengetahui mengenai perbedaan penghitungan suara real count dengan quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

"KPI meminta kepada lembaga penyiaran untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai perbedaan di masa perubahan penghitungan suara dari hitung cepat atau quick count ke real count yang memerlukan waktu," kata Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis dalam rilis persnya usai berdialog dengan jajaran pimpinan redaksi dari sejumlah lembaga penyiaran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Oleh karenanya, melalui siaran persnya tersebut, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta lembaga penyiaran ikut mengawal dan menyiarkan proses penghitungan suara atau real count yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU).

Perlu diketahui, tidak ada aturan yang melarang penayangan hasil quick count tersebut. Hanya saja waktu publikasinya yang diatur berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menegaskan larangan untuk menyebarkan quick count sebelum pukul 15.00 WIB pada hari pencoblosan Pemilu 2019 pada 17 April 2019.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA