Friday, 23 Aug 2019
Temukan Kami di :
News

Prabowo Deklarasi Kemenangan, KPU: Tunggu Perhitungan, Sudahi Klaim Kemenangan

KPU menyediakan publikasi mengenai hasil penghitungan suara agar sudahlah klaim-klaim dari masing-masing pihak itu disudahi, silakan menunggu proses penghitungan

Aisyah Isyana - 19/04/2019 17:41

Beritacenter.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada capres dan cawapres untuk tidak lagi mengklaim kemenangan di Pilpres 2019. Dalam hal ini, KPU berharap agar semua pihak dapat menunggu perhitungan resmi selesai.

"Saya kira klaim dari pihak masing-masing kan tentu ditolak oleh pihak yang lain, gitu ya. Karena ini wajar, ini adalah kontestasi politik, KPU sangat menyadari itu," ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi kepada wartawan, Jumat (19/4/2019).

"Karena itu KPU menyediakan publikasi mengenai hasil penghitungan suara agar sudahlah klaim-klaim dari masing-masing pihak itu disudahi, silakan menunggu proses penghitungan yang dilakukan oleh KPU," sambungnya.

Baca juga :

Pramono mengatakan, input data hasil hitung suara masih teruds dilakukan KPU pusat. Menurutnya. terpantau hingga pukul 14.45 WIB sudah masuk hasil suara dari 18.044 dari total 813.350 TPS (2,21848%).

"Kita kawal bersama-sama proses penghitungan itu. Mudah-mudahan itu bisa menjadi mekanisme di mana kemurnian tiap suara yang diberikan oleh pemilih kita di TPS itu bisa kita jaga sampai di rekapitulasi tingkat nasional," kata Pramono.

Sebagaimana diketahui, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menang atas pasangan Prabowo-Sandiaga atas hasil quick count sejumlah lembaga survei. Jokowi sempat berbicara mengenai hasil quick count 12 lembaga survei yang memenangkannya dan meminta semua pihak menunggu hasil resmi KPU.

Sementara itu, capres Prabowo Subianto sudah tiga kali mengklaim kemenangannya pada Pilpres 2019. Menurut Prabowo, dirinya menang pilpres dengan perolehan suara 62 persen.

"Saya ulangi, pada hari ini, saya, Prabowo Subianto, menyatakan bahwa saya dan Saudara Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2019-2024 berdasarkan penghitungan lebih dari 62 persen hitungan real count," kata Prabowo di kediamannya, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/4).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA