Thursday, 22 Aug 2019
Temukan Kami di :
Opini

Dahsyatnya Surat Al-Kahfi Jika Dibaca di Hari Jumat, Ini Khasiatnya...

Indah Pratiwi - 19/04/2019 05:02

Beritacenter.COM - Al Qur’an merupakan tuntunan dan pedoman hidup manusia. Fungsi Alqur’an bagi umat manusia amatlah besar. Percaya kepada Alqur’an adalah salah satu rukun iman dalam ajaran Islam.

Dalam surat Al Qur'an terdapat surat Al Kahfi atau Ashabul kahfi dimana surat termasuk dalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah.

Surat Al Kahfi memiliki segudang manfaat dan keutamaan jika umat islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Rasullulah SWT menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari jum’at atau malam jum’at.

Seorang ulama terkenal, Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan, membaca surat Al Kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada setiap malam Jum'at dan hari Jum’at.

Mengapa membaca Al Qur'an surat Al Kahfi di anjurkan pada umat muslim? berikut alasanya.

1. Terhindar dari fitnah Dajjal
Umat islam yang membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan menghindarkan dari fitnah Dajjal. Nabi Muhammad SAW bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat AL Kahfi tidak hanya di hari jum’at saja maka dia akan terhindar dari fitnah dajjal yang keji.

Rasulullah SAW Bersabda:
“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” (HR Muslim).

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim).

“Barang siapa diantara kalian yang mendaoatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” (HR. Abu Daud).

2. Mendapat penerangan dalam hidupnya
Berkah dan rahmat Allah SWT dalam hidupnya akan tercurah bagi yang mengamalkan surat Al Kahfi di setiap malam Jumat atau hari Jumat. Mereka yang mengamalkannya, maka hidup manusia akan semakin tentram dan damai dan mampu mengusir rasa gelisah.

Rasullullah SAW bersabda :
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Diampuni dosanya
Rasulullah SAW Bersabda:
"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at".(HR. Abu Sa’id al-Khudri RA, dari Ibnu Umar RA).

4. Dijaga dari gangguan setan
Diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

5. Disinari cahaya kebaikan
Bagi mereka yang mengamalkan surat Al Kahfi baik di malam atau hari jum’at akan diberikan pahala dan ganjaran serta disinari oleh cahaya kebaikan serta diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan sama seperti keutamaan Ar Rahman . Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT di hari kiamat dan cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit.

Allah SWT Berfirman:
“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri Juga menyebutkan bahwa dari Rasullulah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736).

 

Wallahu A'lam Bishawab



Berita Lainnya

Indonesia di Tengah Pusaran Konflik Antarumat Beragama

21/08/2019 21:30 - Indah Pratiwi Budi

Psikologi Anies

21/08/2019 18:30 - Indah Pratiwi Budi

Siapa Obok-Obok Papua?

20/08/2019 21:23 - Indah Pratiwi Budi

Idealnya Rekonsiliasi Nasional Itu Tanpa Syarat

20/08/2019 19:45 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA