Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
Politik

Mantap !! Suara Jokowi - Ma'ruf Menang Telak atas Prabowo - Sandi di Berlin

Dewi Sari - 18/04/2019 06:22

Beritacenter.COM - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin masih mengungguli pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiga Unodi Berlin, Jerman. Perhitungan suara tersebut masih dilakukan usai melakukan proses pemilihan pada 13 April 2019 di Aula KBRI Berlin, Jerman.

Seperti diketahui, surat suara tersebut sebelumnya disimpan di Ruang Penitipan (Deposit Center) salah satu perusahaan di Jerman. Sebelum penghitungan surat suara dimulai, tepat pukul 08.15 waktu setempat PPLN dan KPPSLN mengumumkan penutupan resmi penerimaan surat suara melalui pos.

“Dengan demikian semua surat suara sudah masuk. Dari penghitungan yang kami lakukan, total jumlah surat suara yang diterima adalah sebanyak 1.853 terdiri dari 1257 surat suara melalui TPS dan 596 dikumpulkan melalui jasa pos," kata Ellizabeth, Anggota PPLN Berlin yang bertindak selaku penanggung jawab penghitungan suara melalui keterangan tertulisnya.

Proses penghitungan surat suara resmi dimulai pukul 08.30. Penghitungan dilakukan dalam 4 kelompok berdasarkan metode pengumpulan surat suara, yaitu 3 melalui TPS dan 1 melalui pos. Penghitungan dilakukan oleh KPPSLN, dan PPLN dengan disaksikan para saksi. Masyarakat Indonesia di sekitar Berlin pun tak ingin ketinggalan menyaksikan proses penghitungan surat suara.

Untuk memperluas jangkauan liputan proses penghitungan surat suara, PPLN juga menyiapkan siaran langsung melalui Facebook. Hal ini karena memang kapasitas tampung Aula KBRI Berlin sangat terbatas. Dengan meminimalisir jumlah orang yang datang menyaksikan langsung di Aula, diharapkan prose penghitungan surat suara dapat lebih tertib dan lancar.

Siaran langsung penghitungan surat suara melalui Facebook ini tampak cukup efektif. Tak hanya disaksikan oleh masyarakat yang ada di Berlin saja, masyarakat dari wilayah lain pun, termasuk di Indonesia, dapat memantau proses penghitungan ini. Dari beberapa kali postingan siaran langsung, tercatat total tayang sebanyak 48.415, komentar 1.263, dibagikan 378, dan suka 954.

Secara umum proses penghitungan suara berjalan lancar. “Ini di luar dugaan kita. Kita sebelumnya membayangkan akan banyak perdebatan tentang sah atau tidaknya surat suara. Namun, hal itu tidak terjadi, semua berjalan sangat lancar dan hampir tak ada kendala. Dalam waktu kurang dari 3 jam kita sudah bisa menghitung surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, Alhamdulillah," ujar Roni Soesman, Ketua PPLN Berlin.

 




Berita Lainnya

Sah Revisi UU KPK, Istana: Ini Sudah Final

17/09/2019 15:29 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA