Friday, 19 Apr 2019
Temukan Kami di :
Politik

Bawaslu: Akan Ada Pemilu Susulan di Sydney Khusus Pemilih yang Sudah Antre

Fani Fadillah - 16/04/2019 16:22 Suasana pencoblosan di Sydney

Beritacenter.COM - Ketidaksesuaian prosedur dalam Pemilu 2019 di Sydney, Australia telah dikonfirmasi oleh Bawaslu. Oleh karena itu, Bawaslu memerintahkan untuk mengadakan pemungutan suara susulan untuk pemilih yang telah terdaftar.

Baca juga:

Hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar, dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (16/4/2019). Bawaslu telah menerima keterangan dari PPLN Sydney terkait adanya dugaan pelanggaran saat pemungutan suara di Sydney.

"Bawaslu menerima keterangan dari Panwaslu Sydney bahwa penutupan TPS dilakukan pukul 18.00 waktu setempat sementara masih ada pemilih dalam keadaan antrean menggunakan hak pilih sehingga menyebabkan pemilih tidak bisa menggunakan hak pilih," kata Fritz.

Menutup TPS saat masih ada pemilih yang antre itu tak sesuai prosedur, mekanismenya sudah diatur. Oleh sebab itu Bawaslu menerbitkan rekomendasi.

"Bawaslu merekomendasikan sebagai berikut, memerintahkan PPLN Sydney melalui KPU RI untuk melakukan pemungutan suara susulan di TPS bagi pemilih yang sudah mendaftarkan dirinya tapi belum dapat menggunakan hak pilihnya," ucap Fritz.

Pemungutan suara susulan ini hanya dilakukan bagi pemilih di Sydney yang terdaftar di DPT, DPTb, maupun DPK; dan telah berada di antrean saat pemungutan suara pada 13 April 2019 yang lalu tapi belum menggunakan hak pilihnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA