Monday, 20 May 2019
Temukan Kami di :
Opini

Berkembang Pesatnya Islam di Tanah Eropa

Indah Pratiwi - 16/04/2019 03:01

Beritacenter.COM - Pesatnya perkembangan Islam di wilayah Eropa terus meningkat. Berdasarkan studi, populasi umat Islam di wilayah Eropa terus meningkat mencapai 2 kali lipat dalam setahun saja.

Salah satunya di negara Rusia. Umat Islam di negara berjulukan negeri Beruang Putih itu terus tumbuh. Rusia yang sebelumnya merupakan ideologi komunis dan sosialis kini nyaris berubah haluan lantaran terus bertambah pesatnya penduduk umat Islam di Rusia.

"Organisasi-organisasi ini menjadi faktor penggerak kehidupan beragama secara kualitatif, dengan menyelenggarakan pendidikan-pendidikan keislaman, pendirian madrasah bagi generasi muda Islam," kata Dosen Program Studi Rusia di Universitas Indonesia (UI), Ahmad Fahrurodji.

Meledaknya jumlah organisasi Islam dalam kurang satu desawarsa sejak runtuhnya Uni Soviet kini mengalami peningkatan dari 870-3.000 organisasi Islam di Rusia.

"Organisasi-organisasi ini menjadi faktor penggerak kehidupan beragama secara kualitatif, dengan menyelenggarakan pendidikan-pendidikan keislaman, pendirian madrasah bagi generasi muda Islam," kata Fahruroji.

Dalam organisasi itu, mereka membuat program kerjasama pendidikan dengan negara-negara Islam seperti Mesir, Arab Saudi, Turki, Qatar dan Suriah.

"Dari sekitar 100 etnis yang ada di wilayah Rusia, ada sekitar 40 etnis yang secara tradisional menganut islam sebagai agama mereka," ungkap Fahruroji.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA