Thursday, 18 Jul 2019
Temukan Kami di :
News

Soal Surat Suara Tercoblos, Bawaslu Targetkan Investigasi Selesai Sebelum 14 April

Aisyah Isyana - 12/04/2019 23:57

Beritacenter.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih melakukan investigasi terhadap kasus surat suara tercoblos di Malaysia. Bawaslu menarget pihaknya dapat segera menyelesaikan investigasi sebelum 14 April 2019.

"Pokoknya sebelum tanggal 14, karena tanggal 14 (April) itu adalah hari pemungutan suara untuk di Kuala Lumpur. Nah, jadi secepat mungkin, secepat mungkin kita dapat melaporkan," ujar anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar di kantor KPU, Jumat (12/4/2019).

Menurutnya, pihak Bawaslu sudah menyita surat suara yang ditemukan di lokasi. Saat ini, jelas Fritz, pihaknya juga melakukan proses klarifikasi terhadap sejumlah pihak yang terlibat.

"Hari ini kita melakukan proses klarifikasi terhadap pihak-pihak yang diduga terlibat dalam hal ini, dan kita juga melakukan pengamanan mengenai kertas suara yang sudah disita," kata Fritz.

Selain itu, jelas Fritz, Bawaslu juga tengah melakukan pengecekan terkait keaslian dan asal surat suara tersebut. Fritz mengatakan, hasil investigasi itu akan dikaji bersama KPU dan Kementerian Luar Negri.

"Kemudian jadi hasil dari penelusuran itulah baru nanti Bawaslu bisa menyampaikan, hasil temuan dari kami bagaimana. Apakah ini benar surat suara asli atau tidak, apakah ini dari pos atau tidak, apakah ini dari KSK yang dibongkar atau tidak," kata Friz.

"Itu kan harus dari hasil investigasi dan hasil kajian bersama dengan KPU dan teman-teman dari Kemlu, karena kan prosesnya itu kan berada di KBRI dan juga bersama dengan teman-teman dari PPLN," sambungnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA