Sunday, 29 Mar 2020
Temukan Kami di :
Politik

Ini Tanggapan Jokowi Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Dewi Sari - 12/04/2019 13:20

Beritacenter.COM - Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal surat suara Pilpres 2019 yang sudah tercoblos di Malaysia. Menurutnya, kasus ini ia serahkan sepenuhnya ke Bawaslu termasuk Polri.

"Ya seperti yang saya sampaikan ya, itu dicek saja dilakukan investigasi baik oleh Bawaslu baik oleh kepolisian," kata Jokowi ditemui usai kampanye di kawasan sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Jokowi menuturkan jika adanya temuan pelanggaran, maka Bawaslu mulai melakukan penindakan. Bahkan, jika adanya unsur pidana maka Polri harus bertindak.

"Kalau ada yang dilanggar Bawaslu bisa menindak, atau kalau ada pidananya ya Polri harus tegas. Polisi harus tegas melakukan tindakan hukum, itu saja," katanya.

Dia mengatakan masuknya Bawaslu dalam kasus ini diharapkan bisa menciptakan pemilu 2019 yang jujur dan adil. Dia berharap masyarakat tak resah dengan kabar surat suara tercoblos itu.

"Supaya Pemilu ini menjadi sebuah Pemilu yang jujur dan adil. Jangan meresahkan masyarakat dengan hal-hal seperti itu," katanya.

Menanggapi kasus ini, Jokowi tidak membentuk tim internal untuk menyelidik kasus ini. Sepenuhnya akan diserahkan ke Bawaslu.

"Nggak (tim internal-red). Kita serahkan ke Bawaslu lah, mekanisme di Pemilu kan Bawaslu, kalau mekanisme pidananya di Polisi. Itu saja sudah," katanya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA