Friday, 19 Apr 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Peduli Dengan Nasib 27 Juta Petani, Jokowi Bela-belain Surati Uni Eropa Soal Sawit

Indah Pratiwi - 08/04/2019 13:45

Beritacenter.COM - Pemerintah Indonesia dan Malaysia bersama-sama melayangkan surat keberatan ke Uni Eropa terkait larangan impor produk sawit. Surat keberatan itu diteken oleh Presiden Joko Widodo(Jokowi) dan Perdana Menteri(PM) Malaysia, Mahathir Mohamad.

"Kemarin, Presiden sudah menandatangani surat bersama antara Presiden Joko Widodo dan Prime Minister Mahathir tentang keberatan kita mengenai rencana dari Uni Eropa mem-banned sawit dunia," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Senin(8/4/2019).

Surat itu, kata Luhut, berisi soal larangan terutama menyangkut nasib petani Indonesia yang banyak bergantung pada sawit.

"Keberatan itu dari kaca mata kita karena itu menyangkut nasib dari sekitar 27 juta petani Indonesia secara langsung maupun tidak langsung," ujarnya.

Luhut pun mengimbau agar para lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk mendukung kebijakan pemerintah soal sawit sehingga ada kejelasan dari Uni Eropa.

"Nah, saya harap juga LSM-LSM Indonesia itu dapat merasa terpanggil karena ini menyangkut 27 juta petani, jadi jangan mereka hanya sok membela lingkungan," ujarnya.

"Masalah lingkungan saya berkali-kali mengatakan kita itu tidak akan membuat policy yang akan merusak generasi kita yang akan datang. Itu sebabnya kita kencang benar masalah Citarum, lihat lah Citarum itu progresnya begitu baik," jelasnya.




Berita Lainnya

Pesan Aa Gym Ke Pendukung Prabowo-Sandi

19/04/2019 13:33 - Anas Baidowi

DPR Puji Polri dan TNI Berhasil Amankan Pemilu

19/04/2019 03:08 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA