Tuesday, 25 Jun 2019
Temukan Kami di :
Kriminal

Lakukan Penipuan Dana Haji Jamaah, Tokoh PA 212 "Diciduk" Polisi

Indah Pratiwi Budi - 05/04/2019 11:12

FOKUS : Reuni 212

Beritacenter.COM - Kabar yang mengujutkan dari tokoh Persaudaraan Alumni 212 (PA212) atas nama Ustadz Ahmad Buchori Muslim, yang ditangkap setelah melakukan penipuan atau penggelapan dana haji jamaah.

Hal tersebut dibenarkan, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap tokoh Persaudaraan Alumni 212 (PA212) atas nama Ustadz Ahmad Buchori Muslim.

Penangkapan tersebut dilakukan lantaran adanya kasus dugaan penipuan atau penggelapan dana haji jamaah dengan nomor LP/3368/VI/2018/PMJ/Ditreskrimum, tertanggal 28 Juni 2018, dengan barang bukti satu buah Surat Pernyataan dan satu buah Kwitansi.

“Telah melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki atas nama ABM (inisial Buchori Muslim) dengan diduga melakukan tindak pidana penipuan dan/atau penggelapan yang terjadi pada tanggal 24 Agustus 2018 di Jakarta Selatan,” kata Argo di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Baca Juga :

Argo menjelaskan kejadian ini berawal pada saat pelapor dan terlapor yang bertemu di salah satu acara pengajian, kemudian pelapor bercerita bahwa pelapor ingin mengurus visa haji untuk jamaah pelapor tapi sudah habis untuk kuota haji tersebut.

“Kemudian terlapor menawarkan bahwa dapat membantu untuk mengurus visa haji furodah untuk haji,” jelasnya.

Pelapor sendiri, ujar Argo, percaya bahwa terlapor dapat mengurus visa haji furodah dikarenakan terlapor seorang ulama dan sering berceramah di berbagai tempat.

Kemudian pelapor dan terlapor bertemu di depan kantor kedutaan Saudi Arabia untuk menyerahkan paspor dan uang sejumah US$136.500 beserta 27 buah paspor untuk diurus visa furodahnya.

“Penyerahan tersebut terjadi di dalam mobil milik terlapor akan tetapi tidak ada tanda terima saat itu, dan saat itu pelapor meminta kepada terlapor bahwa visa tersebut harus jadi selama tiga hari dan terlapor menyanggupinya,” ucapnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA