Thursday, 25 Apr 2019
Temukan Kami di :
Internasional

KJRI Jeddah Tepis Tudingan Habib Rizieq Terkait Fitnah Menangkan Jokowi

Anas Baidowi - 01/04/2019 19:36

Beritacenter.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab (HRS) mengatakan sejumlah ketua TPS di Arab Saudi sudah di iming-imingi uang untuk memenangkan paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Menanggapi tudingan tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyampaikan pesan Menlu Retno LP Marsudi kepada penyelenggara pemilu di Saudi untuk memastikan pemilu berjalan aman dan lancar. Retno juga mengingatkan agar perwakilan di Saudi selalu mengedepankan netralitas.

Sementara itu, KJRI Jeddah membantah pernyataan HRS yang menyebut Menlu Retno mengimbau staf KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah di Arab Saudi agar memenangkan capres Joko Widodo.

"Tidak benar bahwa Menlu RI mengajak pejabat dan staf KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah untuk memenangkan salah satu calon pada Pemilu 2019," pernyataan KJRI Jeddah lewat pernyataan tertulis, Senin (1/4).

Retno berada di Jeddah pada 3-5 Maret 2019 untuk meninjau pelayanan publik yang ada dan meresmikan Gedung Pelayanan Terpadu Satu Atap di KJRI Jeddah. Selain itu, Retno juga mengunjungi Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) karena ada rencana pemindahan gedung sekolah.

"Tidak benar Menlu RI melakukan pertemuan dengan staf di KBRI. Menlu RI tidak ke KBRI Riyadh dan hanya melakukan kunjungan ke Jeddah," papar KJRI Jeddah.

Dalam pertemuan di aula Wisma KJRI Jeddah, Retno menegaskan dua isu penting yaitu terkait peningkatan pelayanan publik bagi WNI dan peningkatan kerjasama ekonomi Indonesia-Arab Saudi. Secara lisan dan tertulis, Retno sudah menginstruksikan perwakilan RI untuk mendukung penuh PPLN dan agar tetap menunjukkan sikap netral.

"Sebagai catatan, pelaksanaan pemilu di luar negeri adalah tanggung jawab dan kewenangan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) yang bertanggung jawab langsung kepada KPU. Anggota PPLN adalah dari unsur masyarakat Indonesia di luar negeri," jelas KJRI Jeddah.




Berita Lainnya

Prabowo "Keok" Di Singapura, Jokowi "Makin Perkasa"

24/04/2019 06:53 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA