Sunday, 08 Dec 2019
Temukan Kami di :
News

Prabowo Sebut TNI Lemah, Ternyata Peringkat Militer RI Ada di Atas Korea Utara

Fani Fadillah - 01/04/2019 12:25

Beritacenter.COM - Capres nomor 02 Prabowo Subianto menyebut kekuatan TNI Indonesia masih sangat lemah karena kurang anggaran. Namun lembaga pemeringkat kekuatan militer dunia yakni GPF (Global Firepower) menilai kekuatan militer Indonesia mengungguli Korea Utara hingga Israel.

Baca juga:

Lembaga tersebut mempertimbangkan 55 faktor untuk menentukan skor daftar kekuatan (PowerIndeks/PwrIndx). Dengan menggunakan formula dari lembaga itu memungkinkan bangsa yang kecil namun punya teknologi canggih bisa bersaing dengan negara yang kurang berkembang.

Mengutip dari situs GFP, Senin (1/4/2019), GPF memberi catatan soal pemeringkatan berjudul '2019 Military Strength Ranking (BETA)' ini. Peringkat ini tidak semata-mata mengandalkan jumlah persenjataan suatu negara, melainkan juga fokus pada keragaman persenjataan.

Untuk senjata nuklir sendiri tidak dipertimbangkan namun kepemilikannya akan dihitung sebagai bonus. Dan status suatu negara sebagai Dunia Pertama, Dunia Kedua, dan Dunia Ketiga menjadi faktor pertimbangan. Faktor geografis, fleksibilitas logistik, sumber daya alam, dan industri lokal berpengaruh terhadap ranking final.

Pertimbangan kunci dalam pemeringkatan ini ada pada total sumber daya manusia. Negara yang terkurung daratan (land-locked) tidak akan dihitung kekurangan angkatan laut. Kekuatan angkatan laut dihitung dari keragaman aset yang tersedia. Keanggotaan NATO dihitung sebagai bonus. Stabilitas dan kesehatan finansial suatu negara tak ikut dipertimbangkan. Kepemimpinan militer saat ini tidak ikut dipertimbangkan juga.

Skala dalam skor adalah 0,0000 untuk yang tertinggi. Semakin besar angkanya maka semakin lemah pula kekuatan militer suatu negara. Ada 137 negara yang disurvei. Berikut adalah 20 di antaranya:

1. AS
2. Rusia
3. China
4. India
5. Prancis
6. Jepang
7. Korea Selatan
8. Inggris (UK)
9. Turki
10. Jerman
11. Italia
12. Mesir
13. Brazil
14. Iran
15. Indonesia
16. Israel
17. Pakistan
18. Korea Utara
19. Australia
20. Spanyol

Dan jika dipersempit di bagian Asia Tenggara saja, maka Indonesia lah yang menjadi "jagoannya". Berikut adalah peringkatnya:

1. Indonesia
2. Vietnam
3. Thailand
4. Myanmar
5. Malaysia
6. Singapura
7. Filipina
8. Kamboja
9. Laos




Berita Lainnya

Layanan Kartu Sehat Bekasi Akan Dihentikan

07/12/2019 17:07 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA