Monday, 20 May 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Luar Biasa, Cat Buatan Indonesia Ini Bisa Antideteksi Radar

Indah Pratiwi - 30/03/2019 10:01

Beritacenter.COM - Badan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN telah mengembangkan teknologi siluman atau teknologi antideteksi radar berbasis smart magnet, dengan memanfaatkan material logam tanah jarang atau LTJ.

Peneliti Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM BATAN), Wisnu Ari Adi menyebutkan, penelitian cat antideteksi radar ini merupakan pengembangan dari kemampuan BATAN dalam mengolah pasir monasit menjadi LTJ.

“Ini merupakan teknologi melenial yang mampu menyerap gelombang radar pada frekuensi tertentu. Teknologi ini hanya dimiliki oleh negara-negara maju dan tidak bersifat komersial, karena merupakan bahan yang sangat strategis untuk pertahanan nasional suatu negara,” ujar Wisnu, Jumat(30/3/2019).

Cat ini memiliki teknologi siluman dan adalah salah satu hasil penelitian BATAN yang berupa bahan smart magnet untuk cat antideteksi radar.

“Di kawasan Asia Tenggara, hanya BATAN yang mampu melakukan pengujian bahan dengan menggunakan teknologi berkas neutron. Teknik pengujian ini mampu menjelaskan berbagai interaksi magnetik dan elektrik yang terjadi di dalam bahan,” katanya.

Di lain pihak, Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe menyebutkan, penelitian ini memberi dampak sangat luas dalam mendorong tumbuhnya industri logam tanah jarang dan akan diperuntukan untuk industri militer.

“Penelitian ini mendorong terbangunnya industri logam tanah jarang di Indonesia, juga melalui pengembangan penelitian cat anti deteksi radar berbasis bahan smart magnet ini dapat meningkatkan kemampuan alutista TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung pertahanan nasional,” ujarnya.




Berita Lainnya

Ini Dia Harga dan Jadwal Peluncuran PS5

15/05/2019 16:05 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA