Monday, 16 Sep 2019
Temukan Kami di :
Politik

PAN Maluku Dukung Jokowi, Waketum PAN : Suara Hati Nurani, Aspirasi Tak Terbendung

Satu, demi partai PAN, dan saya pikir ini juga suara hati nurani, aspirasi yang tidak bisa dibendung oleh kami di pusat. Dan memang kenyataannya kami tidak mendapat apa-apa dari dukungan terhadap Prabowo ini

Aisyah Isyana - 28/03/2019 20:29

Beritacenter.COM - Waketum PAN, Bara Hasibuan menyebut dukungan pengurus DPW PAN Maluku kepada Jokowi-Ma'ruf, sebagai bentuk apresiasi lantaran sudah merasakan manfaat pembangunan infrastruktur yang dilakukan Jokowi di daerah tersebut. Bara juga mengaku pengurus yang melakukan deklarasi juga sudah memberikan konfirmasi sebelumnya.

"Konfirmasi, karena mereka kan tadi yang saya dengar, saya baca tadi melakukan deklarasi secara terbuka di Ambon," ujar Bara di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Baca juga :

Menurutnya, prioritas partainya adalah pemilu legislatif. Meski begitu, Bara mengaku bisa mengerti jika ada beberapa pengurus PAN didaerah yang merasa harus berbeda dalam menentukan pilihan presiden susai dengan realitas daerah masing-masing.

"Dalam hal ini memang di Maluku ya, Presiden Jokowi memang kuat, populer, karena sudah melakukan banyak hal, sudah berkunjung ke sana selama lima kali, itu mendorong pengurus PAN Maluku untuk secara terbuka memberikan dukungan kepada Presiden Jokowi," ucapnya.

Bara mengatakan, deklarasi dukungan dilakukan demi kepentingan PAN di Provinsi Maluku, untuk mendapatkan suara signifikan di DPR RI atau pada level provinsi dan kabupaten. Dia mengatakan, dukungan itu merupakan panggilan hati nurani dari pengurus PAN di daerah.

"Satu, demi partai PAN, dan saya pikir ini juga suara hati nurani, aspirasi yang tidak bisa dibendung oleh kami di pusat. Dan memang kenyataannya kami tidak mendapat apa-apa dari dukungan terhadap Prabowo ini. Coattail effect itu juga sangat minimum, di beberapa hasil survei kami juga kami kelihatannya belum aman dan tidak ada limpahan suara dari dukungan yang kami berikan kepada Prabowo," ungkap Bara.

"Jadi di sini memang membuat pengurus-pengurus daerah juga harus mempunyai kreativitas dalam bersikap, dalam menentukan sikap, termasuk soal dukungan kepada calon presiden di pemilihan presiden," imbuhnya.

Menurutnya, dukungan DPW Maluku untuk capres petahana Jokowi juga didorong oleh panggilan hati nurani yang tak terbendung. Pasalnya, Jokowi sendiri telah melakukan banyak hal untuk Maluku.

"Tapi itu saya pikir juga didorong oleh hati nurani. Saya pikir dalam konteks Maluku ini ada juga faktor hati nurani yang memang tidak bisa dibendung, soal aspirasi tak bisa dibendung, dalam hal memang Presiden Jokowi memang dirasakan sudah melakukan banyak hal di Provinsi Maluku, sehingga mendorong mereka berdasarkan hati nurani untuk memberikan dukungan secara terbuka kepada Presiden Jokowi," tuturnya.

Sebelumnya, dukungan yang diberikan PAN Maluku disebabkan kinerja Jokowi. PAN Maluku menyebut sudah melapor kepada Ketum PAN Zulkifli Hasan.

"Sudah melaporkan kepada sekjen dan ketua umum bahwa ini kepentingan partai bukan kepentingan pribadi saya, tapi kepentingan partai, di mana Maluku Jokowi sangat kuat, makanya pasti PAN juga bagian kepentingan ke depan," ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Maluku Peter Tatipikalawan di Hotel Pacific, Kota Ambon, Maluku, hari ini.




Berita Lainnya

Politisi Muda Ini Tolak Keras Revisi UU KPK

09/09/2019 10:35 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA