Thursday, 25 Apr 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Negara Brunei Resmi Berlakukan Hukuman Mati Bagi Pemerkosa dan Penyuka Sesama Jenis

Indah Pratiwi - 28/03/2019 10:29

Beritacenter.COM - Pemerintah Brunei Darussalam resmi memberlakukan hukuman mati kepada warganya yang terbukti bersalah melakukan tindakan perzinaan, pemerkosaan atau hubungan seksual sesama jenis.

Dilansir Sputnik, pemberlakuan hukum itu terinspirasi dari syariah yang dibuat oleh anggota parlemen. Hukum syariah itu berlaku bagi warga Brunei yang tinggal di negara tersebut, Kamis(28/3).

UU ini akan diberlakukan mulai terhitung 3 April mendatang. Sebelumnya, Brunei telah memiliki hukuman untuk pelaku homoseksual yakni berupa penjara hingga 10 tahun. Tetapi dalam UU yang baru, pelakunya kemungkinan akan menghadapi eksekusi berupa hukum cambuk atau rajam.

Perlu diketahui, Brunei memiliki jumlah penduduk 420 ribu jiwa. Dua pertiga dari penduduknya merupakan penganut muslim. Selain itu, ada warga Brunei yang berkeyakinan Buddha dan Kristen.

Di negara Brunei sendiri tidak ada pihak oposisi. Pemerintahan Sultan Hassanal Bolkiah merupakan pemimpin di pemerintahan sejak 1967 dan menerapkan pemerintahan syariah yang pertama untuk wilayah Asia Tenggara.

 




Berita Lainnya

Prabowo "Keok" Di Singapura, Jokowi "Makin Perkasa"

24/04/2019 06:53 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA