Friday, 23 Aug 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Akhirnya ISIS Runtuh dan Menyerah, Kekhalifahan Abu Bakar Al Baghdadi Tinggal Kenangan

Indah Pratiwi - 25/03/2019 15:16

Beritacenter.COM - Kekhalifahan Abu Bakr Al Baghdadi yang yang membuat aksi teror keji di bawah benera Negara Islam Irak dan Suriah alias ISIS hanya seumur jagung. Kini, kekuasaan mereka benar-benar runtuh dan jatuh usai dikepung pasukan Suriah.

Saat dikepung, sisa-sisa militan ISIS di daerah tersebut muncul dari terowongan dengan membawa bendera putih tanda menyerah.

“Dengan ini, ISIS sudah kalah. Kekhalifahan mereka sudah runtuh,” kata juru bicara tentara Kurdi Suriah kepada AFP, Minggu(24/3/2019).

Berdasarkan laporan, ada banyak orang-orang kebanyakan pria keluar dari kampung mereka di desa terpencil daerah Baghouz. Mereka lantas diangkut memakai truk oleh tentara Suriah.

"Mereka adalah pejuang IS yang keluar dari terowongan dan menyerah hari ini," kata Jiaker Amed, juru bicara satuan Kurdi yang mempelopori Pasukan Demokratik Suriah.

Terlihat, mereka pejuang ISIS tampak lusuh, kumal, berusah payah keluar dari lubang-lubang persembunyian mereka di tepian sungai Efrat, perbatasan Irak – Suriah.

"Beberapa yang lain masih bisa bersembunyi di dalam," tambah Amed.

Serangan bertubi-tubi selama berbulan-bulan oleh SDF akhirnya mencapai puncak pada hari Sabtu (23/3) akhir pekan lalu. Benteng terakhir ISIS terus menerus dihujani bom dari udara dan mortir serta pasukan infrantri di daratan.

“Lebih dari 66.000 orang, sebagian besar warga sipil, telah keluar dari ISIS terakhir sejak 9 Januari, mereka menyerah” tutur Amed.

Untuk mereka militan ISIS yang menyerah, langsung dimasukkan dalam sel tahanan. Sementara kerabat-kerabat mereka, yakni perempuan dan anak-anaknya, ditempatkan di kamp-kamp pengungsian di wilayah utara Suriah.

Perlu diketahui, Abu Bakr Al Baghdadi mendeklarasikan kekhalifahannya serta ISIS di perbatasan Suriah – Irak sejak tahun 2014. Namun, kekhalifahannya kini mulai runtuh. Mereka memaksakan aturan sekte mereka yang brutal pada jutaan rakyat Suriah dan Irak hingga membuat jutaan orang tak berdosa meninggal.

Kelompok mereka di luar negeri juga melakukan serangan bunuh diri maupun teror keji di berbagai negara, termasuk Indonesia yang tentunya tidak sedikit jatuhnya korban jiwa.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA