Thursday, 18 Apr 2019
Temukan Kami di :
Politik

Serangan Fajar 02 Di Solo, Bagi-bagikan Uang 200 Ribu Dan Kaos...!

Indah Pratiwi - 23/03/2019 13:30

Beritacenter.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surakarta tengah menelusuri dugaan pelanggaran kampanye money politik di Kota Solo. Pasalnya, viral di kalangan wartawan sebuah foto bingkisan plastik transparan berisi kaus pasangan calon (paslon) 02 Prabowo - Sandiaga Uno dengan uang di dalamnya.

Dalam foto tersebut, terdapat kaus paslon 02 berwarna hijau, kipas bergambar paslon 02 berwarna ungu, uang senilai Rp200 ribu, gelang, serta terlihat seperti surat suara. Menurut keterangan chat dan gambar dalam screen capture itu disebutkan paket bingkisan beredar di kawasan belakang Terminal Tirtonadi yakni di Gilingan, Banjarsari, Solo tanpa keterangan waktu dan tempat yang pasti.

Mendapati informasi itu, Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Surakarta Poppy Kusuma saat dikonfirmasi solotrust.com, Jumat (21/3/2019) siang menyebutkan belum ada laporan masuk terkait hal ini. Namun Bawaslu segera mencari tahu kebenaran informasi tersebut dengan menginstruksikan panitia pengawas kelurahan (panwaskel) dan kecamatan (panwascam) setempat.

"Petugas panwaskel dan panwascam sudah diminta untuk menelusuri. Kalau ada barang bukti berarti bisa menjadi temuan awal di lapangan dan bisa dilakukan investigasi tanpa harus ada laporan. Dan ini laporan dari warga juga belum ada," jelas Poppy.

Sementara Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandi Kota Solo NR Kurnia Sari menampik bahwa pihaknya melakukan aktivitas politik uang. Hanya saja, ia membenarkan bahwa alat peraga kampanye (APK) yang berada di foto itu benar dari sukarelawan paslon 02.

"Benar APK itu dari kami, dari pusat Jakarta yang kemudian diedarkan oleh relawan di daerah dengan sepengetahuan BPN Solo juga, tapi kami tegaskan tidak pernah ada uang di dalam bingkisan itu," jelas Nia saat konfirmasi solotrust.com.

Menurut Nia, APK itu beredar sudah sekitar tiga bulan yang lalu dan diedarkan di wilayah Solo Raya oleh para sukarelawan di daerah.

"Iya APK-nya gambarnya sama persis tapi warnanya berbeda-beda ada yang biru dan merah putih juga, isinya juga sama, ada kipas gelang. Tapi yang kami bingung dan heran kenapa ada uangnya," ujar dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA