Monday, 17 Jun 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Bill Gates dan Google Persiapkan Kecerdasan Buatan di Industri Kesehatan

Anas Baidowi - 20/03/2019 15:29

Beritacenter.COM - Bill Gates, co-founder dan mantan CEO Microsoft mengakui bahwa dirinya telah berdiskusi dengan peneliti Google mengenai penggunaan kecerdasan buatan di industri kesehatan.

Google sendiri memang sudah lama terterik dengan penggunaan AI di bidang kesehatan. Alphabet, perusahaan induk Google, memiliki divisi bernama Verily, yang fokus sepenuhnya pada teknologi di bidang kesehatan.

Google dan Microsoft merupakan pesaing di berbagai bidang, mulai dari penelitian AI sampai komputasi cloud. Namun, keputusan Gates untuk mengunjungi Google menunjukkan besarnya minat Gates sehingga dia tak menghiraukan persaingan antara dua perusahaan besar tersebut.
Gates membahas tentang apa yang dia lakukan secara spontan di depan para pengunjung acara Human-Centered Artificial Intelligence Symposium di Stanford University di California, Amerika Serikat. Di sana, dia membahas tentang bagaimana cara memastikan AI bisa digunakan dengan etis, lapor CNBC.

Gates sempat berbicara tentang penggunaan AI di senjata dan mobil otonom sebelum dia membahas penggunaan AI di bidang kesehatan.

"Di bidang kesehatan, kita tidak hanya perlu dokter. Kebanyakan orang di Afrika lahir dan mati tanpa pernah bertemu dengan dokter," kata Gates, yang merupakan co-chair dari Bill & Melinda Gates Foundation, organisasi nirlaba yang salah satu fokusnya adalah untuk memperbaiki tingkat kesehatan di dunia.

"Kita melakukan banyak penelitian terkait analisa ultrasound, dan kita bisa melakukan hal seperti menampilkan hasil tanpa mengetahui gender bayi, karena kita tidak harus melihat gambar dari janin. Kita bisa memberitahu bagaimana kesehatan bayi tanpa harus memberitahukan gendernya - ini bisa menghindarkan pembunuhan berdasarkan gender.

"Kita melakukan analisa medis dengan lebih dalam. Dan itu adalah salah satu contoh apa yang kita bisa lakukan dengan machine learning. Saya bertemu dengan orang-orang di Google yang membantu kami pagi ini, dan potensi AI di bidang kesehatan sangat menjanjikan untuk memberikan diagnosa, seperti 'Apakah ini adalah kehamilan berisiko tinggi?' 'Ya.' 'Masukkan pasien ke kelompok yang harus pergi ke rumah sakit."

"Walau hal ini tidak bisa dilakukan ke topik yang luas. Anda hanya bisa melakukan ini ke hal-hal spesifik," katanya.

Google tidak berkomentar ketika ditanya tentang kunjungan Gates.




Berita Lainnya

Ilmuan Temukan Alat Navigasi Baru

15/06/2019 20:10 - Indah Pratiwi

NASA dan NOAA Peringatkan Bahaya Sinyal 5G

15/06/2019 18:05 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA