Monday, 26 Aug 2019
Temukan Kami di :
News

Sandiaga Uno Cawapres Dengan Sejumlah Kasus Hukum...?

Indah Pratiwi Budi - 19/03/2019 12:56

Beritacenter.COM - Di penghujung tahun 2017 nama Sandiaga Uno bersama rekannya Andreas Tjahyadi itu dilaporkan oleh Edward Soeryadjaya melalui Fransiska Kumalawati selaku penerima kuasa dari Edward Soeryadjaya ke Polda Metro Jaya.

Sandiaga Uno melakukan penggelapan saat melakukan penjualan sebidang tanah di Jalan Raya Curug, Tangerang Selatan, Banten pada tahun 2012 yang silam.

Kasus lainnya yang melibatkan Sandiaga Uno yaitu kasus korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana Tahun Anggaran 2009-2011. Pada bulan Mei 2017, Sandiaga Uno diperiksa KPK terkait kasus ini.

Selain itu Sandiaga Uno juga terlibat dalam kasus korupsi proyek pembangunan Wisma Atlet. Sudah bukan rahasia lagi kalau proyek pemerintah banyak parasit yang jor-joran menghisap uang rakyat. Contohnya kasus korupsi e-KTP itu.

Soal kasus korupsi proyek pembangunan Wisma Atlet ini Sandiaga juga diperiksa oleh KPK. Kebayang kan kasus-kasusnya yang dimiliki oleh si Wakil Gubernur DKI Jakarta yang kini perannya di Pemprov DKI Jakarta sudah melebihi peran Gubernur. Persis seperti Jusuf Kalla yang mendominasi SBY dulu.

Kini setelah Sandiaga Uno menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, apakah Sandiaga Uno sudah tidak bisa di sentuh lagi soal kasus-kasus penggelapan dan penipuan yang dia lakukan dulu? Tentu saja bisa. Equality before the law. Setiap orang sama kedudukannya didepan hukum, bukan?

Lantas apa saja kasus-kasusnya Sandiaga Uno itu? Mari kita mengupas kasusnya itu satu per satu seperti halnya mengupas bawang Bombay helai demi helai.

Pertama, Sandiaga Sandiaga Uno dilaporkan oleh pemilik dan Direktur Utama PT Pandan Wangi Sekartadji (PWS), Johnnie Hermanto dan Tri Hartawan, ke Polda Metro Jaya atas pemalsuan dokumen dalam perjanjian jual-beli aset milik PT Pandan Wangi Sekartaji.

Kedua, Sandiaga Uno terlibat dalam kasus korupsi depo Pertamina Balaraja bersama rekan bisnisnya Edward Soeryadjaya.

Ketiga, Sandiaga Uno diperiksa KPK terkait kasus korupsi proyek PT Duta Graha Indah dan tindak pidana pencucian uang pembelian saham PT Garuda Indonesia dengan tersangka mantan bendahara umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

Keempat, PT Langgam Inti Hibrindo, perusahaan sawit anak dari grup PT Provident Agro Tbk milik Sandiaga Uno, ditetapkan Polda Riau sebagai tersangka pembakaran hutan dan lahan seluas 400 hektare.

Kelima, kasus penggelapan tanah miliaran rupiah di Curug, Tangerang.

Itu baru kasus-kasus yang terungkap ke permukaan. Bagaimana dengan kasus-kasus lain yang tidak terungkap ke permukaan?

Dari sekian kasus yang menyeret nama Sandiaga Uno, hebatnya sampai detik ini belum satu kasus pun dia dijadikan tersangka. Kasus-kasusnya itu menguap begitu saja seperti embun diterpa mentari pagi. Hebat, bukan?




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA