Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Pasca Dilanda Banjir Bandang, Warga Bersihkan Rumahnya

Indah Pratiwi Budi - 18/03/2019 14:40

Beritacenter.COM - Banjir bandang yang merendam puluhan rumah warga di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, menyisakan lumpur di dalam rumah warga. Setelah air mulai surut warga membersihkan lumpur didalam rumah mereka, dengan menyeprotkan air dan membersihkannya dengan sapu.

Banjir bandang ini sering terjadi pada saat musim hujan, kondisi ini terjadi pada saat kawasan pengunungan hujan deras. Air hujan yang terun dan masuk kedalam sungai jambon tidak lagi tertampung, maka akan meluap mengakibatkan rumah warga disekitar sungai jambon terendam banjir.

Siti Fatimah, pemilik rumah, menjelaskan, banjir semalam yang merendam sejumlah akses jalan desa, serta kawasan pemukiman dan area persawahan ini membuat aktifitas warga terganggu.

 

Baca Juga :

"Belum lagi warga harus menjaga barang miliknya, yang ditumpuk agar tidak terndam banjir semalam," kata Siti Fatimah.

Selain membersihakn rumah masing-masing. Warga secara gotong-royong juga membersihkan lumpur, mulai dari jalan desa, pekarangan rumah, hingga fasilitas umum, seperti halaman mushola dan masjid.

"Jika tidak langsung dibersihkan, maka lumpur akan mengering. Sehingga akan membuat bau tidak sedap dan sulit untuk dibersihkan," imbuh Siti.

Meski aktifitas warga kembali normal. Namun, warga masih tetap siaga mengantisipasi datangnya banjir bandang susulan, seiring masih tingginya intensitas curah hujan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA