Tuesday, 21 May 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Kapolri Tegaskan Agama Jadi Potensi Konflik Paling Bahaya Jika Tidak Disikapi Dengan Bijak

Lukman Salasi - 15/03/2019 07:12

BeritaCenter.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai perbedaan agama jadi potensi konflik paling berbahaya. Tito mengajak semuanya agar menyikapi perbedaan itu dengan bijak agar tidak jadi konflik.

"Berbeda suku, agama, bisa juga mengandung konflik. Potensi konflik paling berbahaya itu adalah agama. Kenapa? In the name of God, atas nama Tuhan," ujar Tito di hadapan peserta Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) IX di auditorium Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (14/3/2019).

Tito menyampaikan analisanya dalam konteks manajemen konflik. Menurutnya, perbedaan seperti di Indonesia rentan konflik.

"Dari sisi manajemen konflik, setiap perbedaan mengandung (potensi) konflik. Berbeda pandangan, itu adalah konflik," kata Tito.

Tito menyebut Indonesia sebagai NKRI sebagai anugerah Tuhan. Meski tidak memungkiri adanya gesekan dan konflik selama ini, Tito menyebut hal itu masih bisa diatasi.

"Salah satu rahmat Tuhan yang paling besar adalah bangsa ini masih utuh hingga 74 tahun sebentar lagi. Negara kita masih bisa kita satukan dalam kerangka NKRI, meski ada gejolak di beberapa tempat, tapi masih dalam kendali," kata Tito sekaligus meminta semua pihak selalu waspada akan konflik.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA