Friday, 22 Mar 2019
Temukan Kami di :
News

7 Desa di Probolinggo Terpapar Semburan Abu Vulkanik Gunung Bromo

Aisyah Isyana - 15/03/2019 00:19

Beritacenter.COM - Sedikit terdapat tujuh desa di Kabupaten Probolinggo yang terdampak semburan abu vulkanik Gunung Bromo. Beruntung, paparan abu sangat tipis sehingga tak ada dampak segnifikan terhadap warga.

Menurut Camat Sukapura, Yulius Christian, paparan abu vulkanis Gunung Bromo itu dirasakan tujuh desa yang ada di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Tujuh desa itu yakni, Desa Ngadisari, Jetak, Ngadas, Wonokerto, Wonotoro, Sapi Kerep, dan Sukapura.

Baca juga :

Semburan abu vulkanik Gunung Bromo terjadi sekira pukul 07.00 WIB, Kamis pagi, dengan paparan abu hingga radius 12 kilometer dari bibir kawah. Meski begitu, Yulius menyebut kondisi areal sekitaran Gunung Bromo masih aman, asal diradius 1 kilometer dari bibir kawah.

Data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana setempat menyebutkan, status Gunung Bromo saat ini masih waspada level II. "Saat ini Gunung Bromo masih aman bagi masyarakat sekitar ataupun wisatawan," kata Yulius kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Kendati telah menyemburkan abu vulkanik yang menyasar ke 7 desa di Kecamatan Sukapura, dia memastikan hal itu tak berdampak apapun lantaran paparan abu sangat tipis.

"Baik masyarakat maupun sektor pertanian, masih belum terdampak, karena abunya sangat tipis," jelasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA