Tuesday, 21 May 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Presiden Jokowi Teken Biaya Haji 2019 Termurah di Asia Tenggara

Indah Pratiwi - 14/03/2019 20:30

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo(Jokowi) telah menyepakati penetapan biaya haji tahun 2019. Para calon jemaah haji Indonesia kini dapat melunasi biaya hajinya masing-masing mulai Jumat(15/3) besok.

"Sudah ditandatangani Pak Presiden, Keppres tentang penetapan biaya haji 2019. Seluruh calon jemaah haji kita yang ditetapkan berangkat tahun ini bisa segera melunasi karena mereka sudah setoran awal Rp25 juta," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (14/3).

Biaya haji ini telah ditandatangani oleh Presiden. Kepres tersebut juga telah disepakati Kementrian Agama bersama DPR.

Lukman menambahkan, tidak ada kenaikan dalam biaya haji dari 2018. Lukman memastikan, pelayanan haji tetap maksimal. Kini, terdapat jumlah peningkatan fasilitas untuk jamaah haji Indonesia.

"Para jemaah haji kita akan tinggal di tenda-tenda ber-AC di Arafah, karena selama ini di Arafah tidak ber-AC. Kita juga jaga kualitas hotel, transportasi, katering, dan sebagainya," katanya.

Selain itu, jamaah haji Indonesia juga mendapat jalur cepat setiba di Arab Saudi. Kini, jamaah haji tidak perlu pemeriksaan paspor dan visa. Dengan percepatan, seluruh jamaah haji setelah turun dari pesawat di Arab Saudi langsung akan diantarkan ke hotel masing-masing.

"Ketika mereka mendarat baik di Jeddah maupun Madinah mereka tidak lagi mengalami proses pemeriksaan paspor, visa, dan lain sebagainya. Mereka akan masuk ke bandara dan langsung ke bus untuk menuju hotelnya masing-masing," ucapnya.

Biaya haji tahun ini, kata Lukman, diklaim yang termurah di Asia Tenggara. Seperti misalnya, Brunei Darussalam membebani jemaah hajinya rata-rata di atas USS 8.000 setiap tahun. Begitu Singapura mencapai USS5.000 tahun 2018.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA