Sunday, 13 Jun 2021
Temukan Kami di :
Politik

Kelompok Hacker Serang KPU, KPU : Kita Sudah Koordinasi dengan Mabes Polri

Hal tersebut dilakukan setelah KPU mengungkap ada beberapa serangan yang dilakukan oleh hacker. Mereka kebanyakan menggunakan IP address dari luar negeri seperti China dan Rusia.

Sari Intan Putri - 13/03/2019 15:49

Beritacenter.COM - Saat ini, KPU sudah melakukan koordinasi dengan Polri untuk melacak keberadaan peretas atau hacker yang menyerang pudst data KPU menjelang pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

Hal tersebut dilakukan setelah KPU mengungkap ada beberapa serangan yang dilakukan oleh hacker. Mereka kebanyakan menggunakan IP address dari luar negeri seperti China dan Rusia.

"Itu jalan terus dan setiap ada serangan siber kita selalu koordinasi dengan Mabes Polri dalam hal ini cyber crime. Kita harapkan mereka bisa ungkap dan itu terbukti bisa ditangkap," kata Komisioner KPU Viryan Azis di Hotel Sultan.

KPU mengungkapkan aksi peretasan ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Pada Pilkada 2018 lalu KPU juga pernah mendapatkan serangan serupa dari hacker.

"Ya, coba untuk ngehack coba untuk di DOS, itu yang kemarin di Pilkada serentak 2018, konteksnya itu. Kita tidak tahu karena orang seperti itu prinsipnya yang namanya proxy itu kan bisa dilakukan oleh siapa pun," ucap Viryan.

KPU menduga serangan hacker ini berkaitan dengan era globalisasi di mana tekonologi semakin berkembang. KPU juga akan terus melakukan pencegahan terhadap serangan para hacker ini.

"Karena hajatan pemilu berdasarkan pengalaman 4 tahun terakhir di beberapa negara ini bukan hanya bicara konteks dinamika nasional tapi hubungan antarnegara. Contoh dalam 4 tahun terakhir baik Amerika, Eropa, Belanda, Perancis hal itu terjadi dan ini konsekuensi dari globalisasi," ujar Viryan.

"Artinya bagaimana kami berupaya meminimalisir potensi tersebut yang kami lakukan adalah bekerja sebaik mungkin sehingga misalnya ada seorang hacker kesel dengan KPU, itu bisa gak jadi," tutur Viryan.




Berita Lainnya

Politisasi Agama

08/06/2021 15:22 - Indah Pratiwi

PDIP, Gerindra & Nasdem Diprediksi 3 Besar

05/06/2021 09:00 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA