Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Hina Agama Islam di Instagram, Mahasiswa USU Lanjutkan "Kuliah" di Penjara

Fani Fadillah - 12/03/2019 20:05 Agung Kurnia Ritonga

Beritacenter.COM - Seorang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) bernama Agung Kurnia Ritonga (22) dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan kurungan penjara. Agung terbukti menyebarkan kebencian bernuansa SARA.

Baca juga:

Akibat perbuatannya itu, kini Agung harus melanjutkan "kuliahnya" di penjara dengan harapan dapat mempelajari kesalahan yang telah diperbuatnya.

Agung terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dengan sengaja dan tanpa hak mentransmisikan/mendistribusikan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

"Menghukum terdakwa Agung Kurnia Ritonga dengan pidana penjara selama 1 tahun dan denda Rp 5 juta, jika tidak dibayar diganti dengan 1 bulan kurungan," ucap majelis hakim yang diketuai, Erwan Effendi di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (12/3).

Agung didakwa menyebarkan kebencian bernuansa SARA saat berada di kedai kopi Rooster Koffie Jalan Laksana Tanjung Rejo, Medan, pada Rabu (24/10). Saat itu dia memposting instastory menggunakan handphone android miliknya. Pada akun Instagram pribadi terdakwa dengan nama akun patipadam, dia menuliskan kalimat:

"Kenapa rupanya kalau bendera tauhid dibakar? Tuhan kalian ikut terbakar rupanya? Makanya, jangan banyak kali ikut pengajian yang ngajarkan budaya, jadi tolol bangsad Tuhan kalian aja anteng di atas lagi gitaran sambil mabuk amer dan nulis puisi bokep, klen pulak yang sibuk".

Agung melakukan perbuatan itu karena protes terhadap orang-orang yang marah pembakaran bendera tauhid yang dilakukan anggota Banser di Garut, Jawa Barat.

Perbuatan Agung sempat memantik kemarahan massa. Ratusan warga yang mengetahui postingan pemuda itu spontan mendatangi rumahnya di Jalan Puri Medan, Rabu (24/10) malam. Namun, mahasiswa semester IX itu telah dibawa keluarganya menyelamatkan diri.

Warga pun melaporkan Agung ke Polda Sumut. Dia kemudian ditahan, diadili, dan dihukum 1 tahun penjara.




Berita Lainnya

Polisi Tangkap 7 Pelaku yang Aniaya Tiga Warga Depok

26/05/2020 23:09 - Baharuddin Kamal

Ngaku Polisi, Komplotan Ini Culik Pemuda di Bintaro

26/05/2020 22:00 - Baharuddin Kamal

Curi Motor Di Pasar, Seorang Kakek Dicokok Polisi

26/05/2020 08:46 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA