Tuesday, 21 May 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Kamu Sariawan ?, Lakukan 4 Cara Alami ini Dijamin Sembuh

Dewi Sari - 09/03/2019 05:35

Beritacenter.COM - Sariawan adalah salah satu penyakit yang menyebalkan. Biasanya, penyebab sariawan yang muncul di dalam mulut kita dapat mengurangi nafsu makan kita. Sariawan sering muncul pada gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut.

Penyebab sariawan adalah kurangnya daya tahan tubuh kita, kekurangan vitamin B 12 serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Siapapun dapat mengalami sariawan mulai dari kalngan anak- anak hingga dewasa.

Mau tau caranya mengobati sariawan ? berikut 4 cara alami dapat sembuhkan sariawan seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Madu

Madu bisa menjadi pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh dengan cara oleskan madu diatas sariawan Anda. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh Chamomile yang harus didinginkan sebelum diminum. Madu bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan karena madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

2. Air Garam

Anda bisa meredakan sariawan tanpa obat dengan berkumur menggunakan air garam. Campurkan garam satu setengah sendok teh ke dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata dan kumur selama 1-2 menit. Anda bisa kumur dengan air garam setidaknya sehari tiga kali sampai sariawan terlihat mengempis. Garam memiliki sifat yang sama seperti madu sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan juga bermanfaat untuk mencegah infeksi pada mulut.

3. Kelapa

Kelapa mampu mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Cara menggunakan kelapa menjadi obat sariawan adalah campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada luka sariawan Anda. Gunakan cara tersebut sebanyak 3-4 kali sehari hingga sariawan terlihat mengecil.

4. Es Batu

Cara mengobati sariawan secara alami lainnya dapat Anda lakukan dengan mengoleskan es batu yang sedang mencair ke area sariawan. Dingin yang didapat dari es batu dapat mematikan rasa perih sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena sariawan. Namun, es batu tidak bisa langsung diaplikasikan ke area sariawan tanpa dilelehkan permukaannya sedikit terlebih dahulu.




Berita Lainnya

Cegah Tubuh Kegemukan dengan Alpukat

18/05/2019 05:21 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA