Saturday, 21 Sep 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

KBRI Bersama ITPC Perluas Pasar Produk RI di Afrika Selatan

Anas Baidowi - 07/03/2019 10:53

Beritacenter.COM - Kedubes RI Pretoria bersama Indonesia Trade and Promotion (ITPC) berupaya untuk memperluas pasar bagi produk Indonesia di Afrika Selatan, salah satunya dengan mengumpulkan para importir produk Indonesia di negara tersebut.

KBRI ITPC, Johannesburg mengadakan kegiatan business luncheon dengan mengundang para importir produk-produk Indonesia di Afrika Selatan, menurut keterangan tertulis dari KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Kamis (7/3).

Produk-produk Indonesia yang telah masuk di pasar Afrika Selatan, antara lain barang kebutuhan sehari-hari, kabel dan peralatan listrik, produk farmasi, otomotif, ban dan pelumas, tekstil, perabot.

"Kami tidak hanya mendorong produk Indonesia untuk diimpor ke Afrika Selatan, tetapi juga ekspor produk Afrika Selatan yang dibutuhkan oleh pasar Indonesia. Hubungan ratusan tahun Indonesia dan Afrika Selatan selayaknya terefleksikan dalam angka perdagangan yang lebih tinggi," kata Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi.

Dalam pertemuan tersebut, para perwakilan dari perusahaan-perusahaan Indonesia berupaya mendapatkan masukan dari berbagai mitra usaha asal Afrika Selatan.

Salah seorang pengusaha produk makanan dan minuman, Yusuf Kalla, berbagi pengalamannya mendatangkan produk mie instan dari Indonesia. Dia mengaku terkesan dengan produk Indonesia yang berkualitas tinggi dan dengan para pengusaha Indonesia yang dapat dipercaya.

Berdasarkan kesan positif dari pengalamannya, Yusuf Kalla mendorong pemanfaatan forum Trade Expo Indonesia (TEI) untuk membangun jejaring dengan para pengusaha Indonesia sekaligus mendapatkan mitra yang tepat bagi para pelaku usaha perdagangan Afsel.

Pada kesempatan itu, Dubes Salman menyampaikan penghargaan atas berbagai kerja sama yang telah terjalin serta membuka diri untuk menerima berbagai masukan dalam rangka meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi kedua negara.

Selanjutnya, Dubes RI juga menyampaikan berbagai peluang bagi pengusaha Afsel untuk mengimpor produk industri strategis Indonesia yang sudah diakui kualitasnya, antar lain kereta api, seragam militer, serta teknologi komunikasi.

Dubes RI juga mengharapkan para pengusaha Afsel, yang telah melakukan kerja sama dengan pengusaha Indonesia, dapat berbagi pengalaman positif kepada jejaring pelaku usaha lainnya di Afsel.

Afrika Selatan merupakan salah satu pintu masuk ke pasar Afrika yang lebih luas, khususnya wilayah Afrika bagian selatan. Berbagai potensi Afsel, sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Afrika, membuka peluang bagi para pengusaha Indonesia untuk memanfaatkan potensi tersebut guna penetrasi pasar yang lebih luas di kawasan Afrika. 




Berita Lainnya

Buwas Ngamuk Beras Warga Miskin Diganggu

20/09/2019 16:01 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA