Tuesday, 21 Sep 2021
Temukan Kami di :
Kriminal

Masuk Perangkap, Maling Kotak Amal Digerebek Warga

Anas Baidowi - 03/03/2019 11:48

Beritacenter.COM - Warga Kota Bukittinggi, Sumatera Barat diresahkan dengan maraknya maling kotak amal di musalla. Warga berupaya menangkap pelaku menggunakan jebakan buka pintu dan berhasil meringkus pelaku saat hendak mencuri kotak amal di Musalla Darul Muttaqin, Kelurahan Belakang Balok Kota Bukittinggi, Sabtu (2/3) sore.

Warga menemukan uang ratusan ribu kotak amal yang disimpan didalam tas selempang oleh pelaku bernama Afrizal Tanjung (45) warga Jalan Mandiangin.

Berdasarkan teterangan warga, pelaku tertangkap tangan mencuri setelah masuk dalam jebakan. Bari salah satu pengurus Musolla sengaja tidak mengunci pintu dan pagar musolla untuk mengungkap maraknya pencurian kotak amal yang meresahkan warga beberapa pekan belakangan.

Jebakan kali ini ternyata berhasil. Sekitar setengah jam selesai salat Ashar di saat sepi ketika semua jamaah sudah pulang, Bari melihat pelaku masuk ke dalam musalla.

Sekitar 20 menit di dalam musalla pelaku bergegas meninggalkan musalla dengan sepeda motornya. Bari yang curiga melihat ke dalam musalla dan mendapati salah satu kotak amal rusak dan uang di dalamnya hilang.

Pengurus musalla langsung memberitahu warga lain dan berhasil menangkap pelaku saat melintas di depan Kantor Pos Pengamat Gunung Marapi.

Saat ditangkap, di dalam tas selempang milik pelaku, ditemukan uang yang diduga uang kotak amal sebanyak Rp350 ribu.

“Maling kotak amal musalla itu dikejar dan ditangkap. Uang dalam kotak amal ada di dalam tas nya, kotaknya nggak dibawa. Semua kotak sempat dibongkar tapi hanya satu kotak yang panjang yang dibongkar. Dia masuk dari pintu depan bagian perempuan yang tidak terkunci, ada yang intip pelaku itu masuk musalla si Bari. Dia mungkin sengaja membuka pintu untuk menjebak pelaku,” kata Imelda Mustika, warga setempat.

Usai ditangkap, warga beramai-ramai membawa pelaku kembali ke musalla. Warga pun melaporkan penangkapan ini ke polisi.Saat digeladah, polisi menemukan obeng di pinggang pelaku yang diakui oleh pelaku untuk membongkar kotak amal. Pelaku bersama seluruh barang bukti dibawa ke Polres Bukittinggi.

 




Berita Lainnya

Ustaz Sedang Ceramah Diserang OTK di Batam

20/09/2021 17:21 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA