Wednesday, 20 Mar 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Rokok Filter dan Kretek Lebih Berbahaya Mana? Ini Penjelasannya...

Indah Pratiwi - 02/03/2019 21:05

Beritacenter.COM - Penyakit kanker merupakan yang paling sering ditemukan dan menjadi penyebab utama kematian.

Berdasarkan Data GLOBOCAN 2018 menunjukkan, dari 10 orang terinveksi kanker paru, delapan orang meninggal dunia tahun itu juga.

Kejadian inveksi kanker paru diperkirakan 40 per 100 ribu penduduk berisiko. Data juga menunjukkan 70 persen kanker paru-paru disebabkan oleh rokok. Namun, antara rokok filter dan rokok kretek ternyata memiliki dampak yang berbeda dari satu sama lain.

"Karena asap rokok itu ada yang mainstream dan ada sidestream. Kalau mainstream itu hasil pembakaran yang dihisap langsung, sedangkan yang sidestream yang menyebar di udara, kemudian dihisap lagi. Ini biasanya pada perokok pasif," kata dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D., Sp.P(K), dari Rumah Sakit Pusat Persahabatan Jakarta Pusat, Kamis(28/2/2019).

Pada rokok kretek, asap masuk melalui partikel yang besar dan langsung menuju saluran pernapasan yang besar, sehingga kanker terjadi di rongga pernapasan besar. Namun untuk rokok filter, asap yang masuk lebih terpisah dalam partikel kecil. Meski demikian, kedua rokok tersebut tetap memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh manusia.

"Sehingga lebih rentan ke perifer atau daerah pinggir, sehingga jenis kanker adenokarsinoma," kata dia.

 




Berita Lainnya

Ini Dia Segudang Manfaat Kunyit

15/03/2019 07:25 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA