Friday, 22 Mar 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Kabar Gembira, Pasien Saraf Terjepit Kini Bisa Disembuhkan Tanpa Operasi

Indah Pratiwi - 01/03/2019 10:01

Beritacenter.COM - Penyakit masalah saraf kejepit sering berujung penyembuhan dengan cara operasi atau pembedahan. Akibatnya, kebanayakan pasien saraf tejepit lebih memilih berobat ke luar negeri.

Ahli bedah saraf, dr Mahdian Nur Nasution menyebutkan, ketakutan yang dialami masyarakat umum disebutkan minimnya pengetahuan dan kepercayaan masyarakat kepada tenaga medis Indonesia.

"Misalnya, ada sepuluh pasien dan satu mengalami kegagalan saat operasi, beritanya langsung menyebar dan viral sehingga masyarakat takut," ujar Mahdian dalam agenda pengenalan teknologi pescuteneous endoscopic cervical discectomy (PECD) di RS Meilia, Cibubur, Jakarta, beberapa waktu lalu, Kamis(28/2/2019).

Perlu diketahui saraf terjepit atau Herniated Nucleus Pulpouses(HNP) sering terjadi karena adanya tekanan saraf. Tekanan itu terjadi pada tulang dan otot. Tekanan itu membuat mengganggu fungsi saraf yang menimbulkan rasa sakit dan mati rasa.

Saat ini, untuk mengobati saraf terjepit tidak perlu melakukan proses pembedahan yang rumit atau seperti operasi besar. Di Indonesia telah ada teknologi PECD yang ditemukan di dunia sejak 1990 silam.

"Setidaknya PECD memberikan harapan yang lebih baik," ujar Mahdian.

Dengan teknologi itu proses pemulihan pasien menjadi lebih singkat dan meminimalisir kerusakan jaringan. Saat ini sudah ada 10 kasus pasien saraf terjepit dan kesuksesan telah mencapai 90 persen. Keberhasilan bergantung pada dekompresi elemen saraf yang kuat.




Berita Lainnya

Ini Dia Segudang Manfaat Kunyit

15/03/2019 07:25 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA