Thursday, 23 May 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Begini Cara Atasi Susah Tidur Saat Menstruasi

Fani Fadillah - 01/03/2019 00:28

Beritacenter.COM - Rasa sakit yang ditimbulkan akibat menstruasi seringkali mengganggu aktivitas, termasuk saat tidur. Beberapa orang mungkin bisa tidur saat menstruasi, namun sisanya mengaku kesulitan.

Menstruasi pasti terjadi kepada setiap wanita setiap bulannya. Saat kedatangan ‘bulan’ ini, biasanya wanita menjadi lebih sensitif karena rasa sakit yang menemani mereka kadang tidak tertahankan. Hal ini menyebabkan para wanita sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, karena perut terasa terkoyak-koyak.

Apa pun itu, jangan khawatir, ladies! Ada kabar baik untuk kalian yang sering mengalami susah tidur karena menstruasi. Ternyata, ada posisi tidur yang dapat membantu tidurmu jadi lebih berkualitas dan tentunya, nyenyak.

Bagaimana caranya? Seperti yang dilansir dari TeenVogue, Rabu (27/2/2019) Dr. Lisa Mindley, MD, berkata kepada majalah Glamour bahwa, “Tidur dalam posisi rahim mengambil tekanan dari otot-otot perut, akan menyebabkan rangka di sekitar perut menjadi rileks.”

Tidur dalam posisi janin yaitu keadaan tidur dimana kedua kaki saling ditekan ke arah perut dengan posisi menyamping. Seperti posisi saat janin masih berada di dalam perut sang ibu.

Pada dasarnya, semakin sedikit ketegangan yang ada pada perut Anda, maka semakin sedikit juga rasa sakit dan kram yang akan Anda alami. Jennifer Wider, MD, sependapat dengan hal tersebut dan mengatakan, “Banyak wanita yang melaporkan bahwa posisi janin dapat membantu meringankan kram.”

Tapi ini belum selesai. Tidur dengan posisi menekan janin juga dapat membantu mencegah kebocoran! Menurut penelitian yang dilakukan oleh aplikasi pelacakan menstruasi, tidur dalam posisi janin akan mengurangi risiko kebocoran, walaupun saat darah yang keluar lagi deras-derasnya.

Bagaimana jika tidak suka tidur dengan posisi menyamping seperti itu? Ya, itu juga tidak apa-apa. Tetapi jika Anda khawatir tentang kebocoran, cobalah untuk menghindari tidur dengan posisi telungkup. “Berbaring dengan posisi perut di bawah akan menekan perut Anda, yang menyebabkan lebih banyak darah keluar,” jelas Dr. Wilder.

Jadi, jika Anda rentan terhadap kebocoran, dan tidak suka mengotori seprai Anda saat sedang menstruasi, tetaplah tidur menghadap samping dalam posisi janin!




Berita Lainnya

Cegah Tubuh Kegemukan dengan Alpukat

18/05/2019 05:21 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA