Thursday, 23 May 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Patah Hati Bisa Berakibat Sangat Fatal Terhadap Kesehatan, Ini Bahayanya...

Indah Pratiwi - 28/02/2019 10:03

Beritacenter.COM - Patah hati seperti kehilangan cinta rupanya bisa meningkatkan tekanan emosional yang ekstrem dan memicu gejala-gejala menyakitkan yang dapat menyerang jantung.

"Patah hati menyerang area otak yang sama seperti rasa sakit secara fisik. Rasa sakit berhubungan dengan baik depresi maupun pelemahan fungsi imun," kata Craig Malkin, instruktur dan psikolog klinis di Harvard Medical School dikutip dari Psychology Today.

Dalam penjelasannya, apabila seorang mengalami patah hati akibat kehilangan orang yang dikasihi, bisa berakhir fatal. Hal ini mampu mempengaruhi pompa jantung sehingga membuat berada dalam kondisi 'beku' dan ventrikel ruang jantung yang bertugas untuk memompa darah bisa membesar.

Akibatnya, hal itu akan membuat rasa sakit dan bisa mengantarkan orang tersebut ke ruang unit gawat darurat. Kondisi seperti itu disebut Broken Hearty Syndrome(BHS).

Menurut peneliti dari Postdoktoral dari Riset Epidemiologi Kardiovaskular di Beth Israel Deaconess Medical Center, Elizabet Mostofsky menyebutkan risiko serangan jantung terus meningkat 21 kali lipat dalam 24 jam setelah ditinggalkan kekasih atau pasangan hidup.

Berdasarkan hasil wawancara dengan hampir dua ribu pasien yang mengalami infark miokardial (terhentinya aliran darah sesaat yang berakibat pada matinya sebagian sel jantung). Temuan ini langsung dipublikasikan dalam jurnal Circulation.

"(Rasa kehilangan) meliputi peningkatan rasa depresi, cemas dan marah dan itu semua ditunjukkan dengan peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan kecenderungan pembekuan darah yang semua ini mengarah pada serangan jantung," kata Mostofsky.




Berita Lainnya

Cegah Tubuh Kegemukan dengan Alpukat

18/05/2019 05:21 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA