Wednesday, 20 Mar 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Wah, Minum Air Hujan Ternyata Tak Jorok, Ini Faktanya

Fani Fadillah - 27/02/2019 05:26

Beritacenter.COM - Hampir semua orang pasti pernah bertanya-tanya dalam hatinya apakah minum air hujan berbahaya bagi tubuh? atau mungkin hingga saat ini Anda masih belum menemukan jawabannya?

Peneliti dari Monash University di Melbourne, Australia melakukan penelitian terkait hal ini. Studi ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran tentang kerusakan lingkungan akibat limbah air kemasan (galon atau botol), yang sering kali diangkut jarak jauh dan dikemas dalam plastik yang menyumbat tempat pembuangan sampah.

Peneliti memantau 300 rumah yang menggunakan air hujan sebagai sumber air minum utama yang dikumpulkan di tangki air. Para keluarga tersebut mencatat kondisi kesehatan mereka lebih dari setahun.

Para periset pun menemukan bahwa tingkat gastroenteritis atau flu perut yang disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu yang dicatat, sangat mirip dengan masyarakat yang meminum air keran yang terawat. Artinya mengonsumsi air hujan secara langsung terbilang aman dari risiko penyakit.

Karin Leder, kepala unit penyakit menular di departemen epidemiologi Monash University, menyatakan bahwa orang-orang yang minum air hujan secara langsung tidak menunjukkan adanya peningkatan risiko penyakit, jika dibandingkan dengan mereka yang meminum air hujan yang disaring.

Jadi, apakah air hujan aman dikonsumsi?

Air hujan secara alami bersifat asam dengan pH rata-rata sekitar 5,6. Untungnya, hal ini tidak berbahaya. Air minum itu sendiri bahkan jarang memiliki pH netral karena mengandung berbagai mineral terlarut. Maka sebagian besar air hujan aman untuk diminum.

Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri, air hujan tidak sepenuhnya bersih. Terdapat bakteri dan mungkin debu serta zat lainnya. Sedangkan tingkat polusi, jamur, dan kontaminan lainnya biasanya rendah.




Berita Lainnya

Ini Dia Segudang Manfaat Kunyit

15/03/2019 07:25 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA