Thursday, 23 May 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Canggih, Dosen dan Mahasiswa UGM Ciptakan Printer 3 Dimensi

Indah Pratiwi - 26/02/2019 10:16

Beritacenter.COM - Dalam menggapai Revolusi Industri(4.0), Universitas Gajah Mada(UGM) melakukan riset terhadap teknologi baru printer 3 dimensi yang berhasil dirancang dan menjadi pioneer rites UGM.

“Jika berbicara mengenai robotika atau mobil listrik, kita mungkin sudah didahului kampus lain. Oleh karenanya, untuk Printer 3D saya ingin UGM menjadi pelopornya,” tegas dosen Dr. Eng, HeriantoTeknik Mesin dan Industri UGM, dalam tulisannya, Selasa(26/2/2019).

Dia melanjutkan, awalnya dia mengaku membeli produk printer 3D secara impor. Kemudian, printer itu diteliti dan dipelajari tiap komponennya.

“Hasilnya dalam satu tahun kami berhasil membuat satu prototipe awal Printer 3D karya kami sendiri,” ujarnya.

Ada beberapa tipe diantaranya printer kartesian, delta dan scara. “Ketiganya berbeda pada konstrusi mekanik dan kinematikanya. Tipe kartesian sendiri terdiri dari beberapa turunan seperti corexy, dan h-bot. Kami coba kembangkan apapun yang dibutuhkan,” tuturnya.

Dia berharap, agar risetnya dapat dukungan dari pemerintah sehingga riset-riset yang dilakukan peneliti Indonesia bisa diproduksi di dalam negeri.

“Melalui Printer 3D ini kami ingin menunjukkan bahwa ini adalah murni karya anak bangsa dan nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan dan kemajuan Indonesia sendiri. Dengan demikian, hal itu akan membua UGM diakui sebagai nomor satu untuk Printer 3D di Indonesia, syukur lagi jika bisa mencapai tingkat dunia,” pungkasnya.




Berita Lainnya

Jutaan Data Pengguna Instagram Dirampas Peretas

22/05/2019 05:16 - Indah Pratiwi

Ini Dia Harga dan Jadwal Peluncuran PS5

15/05/2019 16:05 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA