Tuesday, 21 May 2019
Temukan Kami di :
News

Warga Gembira Presiden Jokowi Bagi-bagi Ratusan Sertifikat Tanah

Indah Pratiwi - 22/02/2019 22:16

Beritacenter.COM - Ada sebanyak 351 sertifkat tanah dibagikan kepada warga yang langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Masjid Bani Umar, Jalan Graha Raya, Bintaro, Pondok Aren.

"Memberikan sejumlah 351 sertifikat tanah wakaf, di antaranya tanah untuk masjid, musala, tempat pendidikan, dan pesantren," kata Jokowi, usai salat Jumat, di Masjid Bani Umar, Bintaro, Jumat (22/2/2019).

Presiden melanjutkan, pembagian sertifikat itu berasal dari keprihatinan dirinya. Karena setiap melakukan kunjungan ke kampung dan desa yang ada, kerap terjadi sengketa tanah dengan yang lain.

"Diberikan karena setiap saya ke kampung masuk ke desa, yang namanya sengketa tanah ada di mana-mana. Bukan hanya urusan tanah hak milik, tetapi juga tanah wakaf. Contohnya, di Jakarta," ungkapnya.

Seperti misalnya, masjid yang sangat besar dan telah bertahun-tahun berdiri tidak ada masalah. Tetapi, ketika tanah dihargai Rp120 juta, para ahli waris tanah itu berebut menggugat tanah, dan mengurusnya.

"Namun masjid belum ada sertifikatnya. Di Sumatera juga. Masjid di provinsi besar sekalipun, ada yang digugat separuh tanah masjidnya. Kita akan selesaikan," paparnya.

Dengan tidak adanya bukti hukum atas tanah tersebut, kata Jokowi, menjadi masalah terjadinya konflik. Apalagi, saat harga tanah mulai naik. Konflik dengan cepat terjadi.

"Oleh karena itu, sekarang kita selesaikan sejumlah 351 sertifikat. Dan saat ini, kita terus upayakan. Terutama tempat-tempat ibadah, tempat pendidikan, sekolah, pesantrean, dan madrasah," sambungnya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA