Thursday, 23 May 2019
Temukan Kami di :
Politik

TKN Soal Camat di Makassar Dukung Jokowi: Itu Sikap Politik Individu, Tak Ada Yang Dilanggar

Lukman Salasi - 22/02/2019 18:46

BeritaCenter.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadizily, menyebut dukungan para camat di Makassar kepada Jokowi-Ma’ruf Amin tak melanggar aturan. Alasannya, dukungan itu merupakan sikap politik individu. Bukan ajakan untuk memilih capres-cawapres nomor 01.

"Selagi itu tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, saya kira kenapa kita mesti persoalkan. Misalnya upaya itu dilakukan dengan mengajak masyarakatnya memilih. Ya saya kira kalau bentuknya bukan ajakan, tetapi menunjukkan sikap politik, kenapa harus dipersoalkan," ujar Ace di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Menurut Ace, andai ada pihak-pihak menilai ada aturan yang dilanggar oleh dukungan para camat tersebut, dipersilahkan dilaporkan.

"Kalau dinilai melanggar aturan, tentu silakan saja untuk dilaporkan ke pihak yang berwenang yang terkait proses tersebut. Tapi kita harus tahu bahwa di dalam proses politik itu, setiap warga negara memiliki hak individual untuk memilih," ujar Ace.

Bawaslu dan KPU, menurut Ace, akan bersikap netral dalam menangani viralnya video camat se-Makassar mendukung paslon 01. Ace mengaku pihaknya tidak bisa mengintervensi proses hukum.

"Saya kira Bawaslu dan KPU memiliki independensi untuk mengambil langkah-langkah yang memang dinilai melanggar hukum. Kami tidak bisa mengintervensi. Dan kalau memang dinilai berat sebelah, ya tanyakan ke KPU. Kami sendiri sering mendapatkan teguran dari KPU dan Bawaslu. Jadi itu sesuatu yang biasa saja," ungkap Ace.

Sebelumnya, beredar video yang berisi deklarasi dukungan kepada capres petahana Jokowi. Video berdurasi 1 menit itu diawali perkenalan diri Syahrul Yasin Limpo, mantan Gubernur Sulsel.

Ucapan Syahrul lalu diikuti beberapa orang yang mengaku sebagai camat di Makassar. Dalam video itu, Syahrul menyatakan dukungan dan tekad mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.




Berita Lainnya

Ketua PAN Akui Kemenangan Jokowi-Ma'ruf

22/05/2019 01:05 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA