Monday, 20 May 2019
Temukan Kami di :
Nasional

Presiden Jokowi Akan Buka Konfrensi Besar Alim Ulama NU

Indah Pratiwi - 22/02/2019 06:32

Beritacenter.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama 2019 pada 27 Februari-1 Maret 2019. Rencananya, acara ini akan dibuka Presiden Joko Widodo(Jokowi).

"Tema ini sebagai kelanjutan dari tema Muktamar memperkokoh Islam nusantara, Islam yang wathoniyah nasionalisme religius bukan yang bertentangan dengan nasionalisme sekuler," kata Ketum PBNU Said Aqil Siroj di Jakarta, Kamis(21/2/2019) malam.

Dia melanjutkan,acara besar itu akan dibahas tiga hal utama di antaranya masalah aktual yang sedang terjadi di masyarakat dan masalah yang bersifat tematik.

"Misalnya bagaimana hukum membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik menurut fiqh. Bolehkah pemerintah menerapkan sanksi kepada oknum yang membuang sampah sembarangan?" ungkap Said Aqil.

Sampah plastik, kata dia, menjadi ancaman di era sekarang, di mana sampah dari bahan plastik telah mencemari lingkungan. Jika pelanggaran seperti itu bisa menghancurkan tatanan di muka bumi, maka hukumannya berat.

"Mudah-mudahan nanti menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi masukan pemerintah menjalankan kebijakan. Penguat hukum yang bisa dipegang sebagai dasar pemerintah," kata dia.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA