Wednesday, 20 Mar 2019
Temukan Kami di :
Internasional

Iran Sewot Abis Sebut AS Munafik Jual Teknologi Nuklir ke Negara Arab Saudi

Indah Pratiwi - 22/02/2019 05:02

Beritacenter.COM - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menggertak Amerika Serikat (AS) bersikap munafik karena mengusahakan program berbagi teknologi nuklir dengan Arab Saudi.

Dalam cuitannya di Twitter, Rabu (20/2), Mohammad Javad Zarif menyebut AS mengabaikan pelanggaran-pelanggaran HAM yang dilakukan negara kerajaan tersebut.

"Hari demi hari menjadi lebih jelas bagi dunia apa yang selalu jelas bagi kami; hak asasi manusia maupun program nuklir tidak menjadi perhatian AS," tulis Zarif, seperti dilaporkan Al Jazeera dan Associated Press, Kamis (21/2/2019).

"Pertama seorang jurnalis yang dimutilasi; sekarang penjualan rahasia teknologi nuklir ke Arab Saudi yang mengungkap sepenuhnya kemunafikan AS," ujarnya.

Dia merujuk pada pernyataan yang mengatakan beberapa pejabat senior Gedung Putih memaksakan proyek berbagi teknologi tenaga nuklir dengan Arab Saudi meski ada keberatan dari dari para pejabat keamanan nasional.

Pemerintahan Trump telah mundur dari kesepakatan nuklir 2015 (JCPOA) pada Mei 2018. Kesepakatan itu mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir, namun Trump mundur dengan alasan kesepakatan itu tidak cukup membatasi aktivitas-aktivitas nuklir Iran.

Dalam JCPOA 2015, Iran bersedia mengekang program pengayaan uraniumnya dan berjanji tidak akan mengejar senjata nuklir.Namun, AS justru mengkhianatinya.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA