Thursday, 23 May 2019
Temukan Kami di :
Kesehatan

Seseorang yang Kurang Tidur Akan Memperburuk Kesehatan Ususnya

Kesehatan usus dan pola tidur selalu berjalan dua arah. Mereka akan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Dan ketika orang tidak memperhatikan waktu tidur sebagaimana mestinya, hal itu tentu akan berdampak juga pada kesehatan yang kian menurun.

Sari Intan Putri - 19/02/2019 15:31

Beritacenter.COM - Seseorang yang kurang tidur, bisa dipastikan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuhnya. Salah satunya adalah pada kesehatan usus.

Kesehatan usus dan pola tidur selalu berjalan dua arah. Mereka akan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Dan ketika orang tidak memperhatikan waktu tidur sebagaimana mestinya, hal itu tentu akan berdampak juga pada kesehatan yang kian menurun.

Berikut ini adalah efek dari kurangnya waktu tidur pada kesehatan usus.

1. Kurang tidur mengubah mikrobioma usus Anda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Metabolism, ketika rasio firmicutes/bacteroidetes di usus Anda rusak, hal itu dapat menyebabkan penyakit.

Hal inilah yang menyebabkan ketika Anda kurang tidur, maka perut Anda terasa sedikit tidak enak atau kurang nyaman seperti biasanya.

2. Kurang tidur dan kontrol gula darah

Jika kurang tidur, penelitian menunjukkan bahwa tubuh Anda mungkin kesulitan mengontrol gula darah. Sebuah studi dari University of Chicago menemukan bahwa kurang tidur menghambat kemampuan tubuh untuk mengontrol gula darah.

Hal ini tentu menghawatirkan karena gula darah, glukosa dalam darah Anda, menyediakan energi dan nutrisi penting bagi organ-organ tubuh Anda.

3. Gangguan dan dampak pada kesehatan usus

Michael Gelb, D.D.S., M.S., dokter spesialis tidur yang berbasis di New York, menjelaskan bahwa kurang tidur yang disebabkan oleh hal-hal seperti sleep apnea dapat berdampak negatif pada mikrobioma usus Anda.

"Ketika mikrobiome Anda kurang beragam, itu dapat memengaruhi produksi serotonin dan melatonin yang memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur. Dalam sebuah penelitian pada hewan, gangguan ini menyebabkan peradangan dan resistensi insulin."

4. Peradangan usus

Menurut Dr. Gelb kurang tidur berkaitan erat dengan peradangan. "Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh Anda mulai menyerang dirinya sendiri.

Ini dapat menyebabkan tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap perubahan sederhana di lingkungan Anda, yang dapat memicu alergi, ketidaknyamanan usus, menyebabkan kondisi kulit, dan banyak lagi."

5. Gangguan usus

Jika Anda memiliki masalah dengan usus, seperti sindrom iritasi usus besar (Irritable Bowel Syndrome/IBS), penyakit Crohn, kolitis ulserativa, penyakit Refluks Gastroesofagus (GERD), maka kualitas tidur yang buruk dapat memperburuk kondisi ini.

Tubuh kita membutuhkan energi yang luar biasa untuk berfungsi dengan baik. Salah satu fungsi utama itu adalah proses pencernaan kita seperti makan, mengunyah, dan mengolah makanan sebelum menghilangkan apa yang tidak kita butuhkan.




Berita Lainnya

Cegah Tubuh Kegemukan dengan Alpukat

18/05/2019 05:21 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA