Tuesday, 19 Mar 2019
Temukan Kami di :
Teknologi

Robot Opportunity di Planet Mars Bermasalah, NASA Gelisah

Indah Pratiwi - 16/02/2019 11:01

Beritacenter.COM - Usai mengalami badai debu di Planet Mars, robot milik lembaga antariksa Amerika Serikat(NASA) bernama Opportunity mengalami masalah yang diduga mengalami kerusakan sehingga tidak bisa diaktifkan.

Dikutip The Verge, robot Opportunity telah mengalami masalah sejak Juni 2018 lantaran badai debu yang terjadi di Mars. Badai tebal itu diduga telah menenggelamkan atau menutup robot tersbut, Jumat(15/2/2019).

Setelah badai berlalu, tim insinyur NASA berusaha berkomunikasi dengan Opportunity dengan cara semua metode. Namun, upaya itu tidak berhasil membangunkan robot tersebut dari kematian. Diduga, panel surya Opportunity dikabarkan tertutup debu tebal dan tidak mendapatkan sinar matahari.

Robot Opportunity sendiri telah berjasa memberikan kontribusi yang besar bagi sains. Sejak awal misinya memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan penting, salah satunya adalah ada air di permukaan Mars yang ditemukan di beberapa titik.

Penemuan air itu merupakan hasil penelitian yang sangat besar. Seperti banyak proyek NASA, proyek itu telah melampaui harapan siapa pun. Namun, NASA terpaksa harus meninggalkan robot tersebut.




Berita Lainnya

Google Segera Hadirkan Smarphone Lipat

16/03/2019 14:32 - Sari Intan Putri

Basis Data KPU Diserang Peretas Rusia dan China

14/03/2019 18:19 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA