Thursday, 22 Aug 2019
Temukan Kami di :
Politik

Ribuan Santri Tasikmalaya Dukung Jokowi Karena Kiai Ma'ruf Amin

Anas Baidowi - 08/02/2019 18:52

Beritacenter.COM - Pimpinan Ponpes Pasir Bokor Kota Tasikmalaya, KH Pepep Fuad Muslim menyatakan, ribuan satrinya yang tersebar di Kota maupun Kabupaten Tasikmalaya siap memenangkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Saya sudah menggerakkan ribuan alumni demi kemenangan Jokowi-KH Ma'ruf," tuturnya, Jumat (8/2).

Alumni Ponpes yang berdiri tahun 1930 itu karena adanya sosok Kiai Ma'ruf Amin yang mendampingi sosok Joko Widodo. Menurutnya, Kiai Ma'ruf adalah kader NU yang juga Ketua Umum MUI.

"Menurut kami yang paling kuat keislamannya pasti Kiai. Maaf saja kalau dites baca Alqur'an, saya kira semua tahu karena dalam Islam memilih pemimpin harus paham tentang Islam itu sendiri," kata Pepep.

Baca Juga: Ahok Resmi Dukung Pasangan Jokowi-Amin di Pilpres 2019 Usai Jadi Kader PDIP

Selain itu, Pimpinan Ponpes Judaten Cihejo Sukaratu, Tasikmalaya, Ajengan Asep Muhamad Syams, menuturkan hal yang sama. Dia mengaku mayoritas pesantren di Kabupaten Tasikmalaya mendukung Jokowi-KH Ma'ruf, karena adanya sosok Kiai Ma'ruf satu-satunya calon lulusan dan memiliki Pesantren.

"Jadi logis karena Kiai Ma'ruf lah yang mewakili kelompok pesantren karena beliau memang ulama pesantren," tuturnya.

Sebelumnya, mayoritas pondok pesantren di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya masih mendukungan capres dan cawapres no urut 01 Jokowi-KH Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Priangan Timur, KH Yusuf Roni Romdoni memahami dinamika politik Pesantren di Jawa Barat, terutama Tasikmalaya begitu kompleks, namun di Pilpres 2019 ini lebuh dominan ke Jokowi-KH Ma'ruf.

Baca Juga: Ribuan Kaum Milenial Sukabumi Deklarasi Dukung Jokowi-Amin

Kiai Yusuf pun mengungkapkan data Pesantren yang masuk Forum Pondok Pesantren (FPP) di Kota Tasikmalaya sebanyak 264 Pesantren. Se-Priangan Timur sebanyak 1.250 yang 75 persennya dipastikan ke Kiai Ma'ruf Amin.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA