Saturday, 16 Feb 2019
Temukan Kami di :
Ekonomi

Pemerintahan Jokowi Bawa Indonesia Masuk ke Dalam Negara Pendapatan Menengah Atas

Indah Pratiwi - 07/02/2019 16:42

Beritacenter.COM - Bank Dunia mencatat negara Indonesia kini masuk ke dalam kelompok pendapatan menengah ke atas atau setara hampir sama dengan negara-negara maju di dunia. Bank dunia membagi negara-negara di dunia dalam empat kelompok pendapatan.

Kelompok-kelompok tersebut diantaranya kelompok negara berpendapatan rendah dengan pendapatan per kapita per tahun sebesar US$995 ke bawah, negara berpendapatan menengah ke bawah di kisaran US$996-3.895. Selain itu negara yang menuju maju berpendapatan menengah ke atas US$3.896-12.055, dan negara pendapatan tinggi atau maju yakni di atas US$12.056.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan kenaikan tingkat pendapatan per kapita atau rata-rata pendapatan masyarakat Indonesia belum menjadi jaminan untuk menjadi negara maju.

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pendapatan per kapita masyarakat Indonesia sebesar Rp56 juta atau US$3.927 per tahun pada 2018. Angka pendapatan ini meningkat dari Rp51,89 juta atau US$3.876,8 per tahun pada 2017 dan membuat Indonesia naik ke kategori negara berpendapatan menengah ke atas.

"Tapi banyak negara yang pendapatannya naik, tapi dia tidak maju-maju juga. Di Amerika Latin banyak negara seperti itu," ucap Darmin di kantornya, Rabu (6/2) malam.

Dia melanjutkan, pemerintah melihat kenaikan tingkat pendapatan per kapita itu tak serta merta pula menyelamatkan Indonesia dari jebakan kategori negara berpenghasilan menengah (middle income trap).

"Itu dia, perjuangannya masih perlu waktu untuk menjawab itu," imbuhnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA