Friday, 26 Apr 2019
Temukan Kami di :
Opini

Sering-seringlah Sebut Dzikir Ini, Insya Allah Setiap Kesulitan Ada Jalan Keluar

Indah Pratiwi - 06/02/2019 20:12

Beritacenter.COM - Dzikir merupakan suatu aktivitas ibadah untuk mengingat Allah SWT. Manusia tentunya sering mengalami suka dan duka. Dengan dzikir, hati menjadi tenang sepenuh jiwa.

BACA JUGA

Salah satu dzikir ini meski pendek namum memiliki khasiat yang luar biasa. Dzikir tersebut adalah 'Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir', merupakan dzikir yang dianjurkan untuk umat Islam, Rabu(6/2/2019).

Allah SWT Berfirman:
"(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS; Ali-Imran: 173).

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW Bersabda:
"Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."(HR. Bukhari No 4563).

Dzikir 'Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir' memiliki arti Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.

Dalam sebuah riwayat, Sahabat Abdullah bin Abbas pernah berkata bahwa ketika dzikir itu dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS saat ingin dilempar ke dalam api yang membara. Seketika itu juga Allah menolong Nabi Ibrahim AS dengan menundukan api yang membara itu untuk Ibrahim AS sehingga tidak terbakar api sama sekali.

Dzikir tersebut juga sering dibaca oleh para Nabi dan ulama salaf baik dalam keadaan sempit maupun dalam keadaan lapang. Lantaran, dzikir tersebut mampu membakar semangat tauhid pada setiap diri orang beriman. Hanya kepada Allah tempat semua berserah dan pasrah sebagai wujud pengakuan bahwa dirinya adalah Ciptaan-Nya yang lemah dan tak abadi.

Dengan sering menyebut dzikir 'Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir', kehidupan yang begitu berat dan menyesakan insya Allah akan diberikan jalan lapang dan kemudahan oleh Allah SWT.

Selain itu, dzikir 'Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir', merupakan kepasrahan diri untuk meminta pertolongan, perlindungan kepada Allah SWT. Karena Dialah sebaik-baik Dzat yang patut disembah dan dimintai pertolongan untuk mengembalikan segala urusan kepada-Nya.

 

Wallahu A'lam Bishawab

 




Berita Lainnya

Amien Rais "Tukang Provokasi Dan Pembuat Onar"

24/04/2019 10:01 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA